Digunakan untuk Obati Scabies pada Kucing, Harga Salep Scabies Mulai Rp15 Ribuan

Mengatasi Scabies pada Kucing - source.colostate.eduMengatasi Scabies pada Kucing - source.colostate.edu

seperti anjing dan kucing sangat rentan terkena yang disebabkan oleh tungau layaknya scabies. Pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi scabies pada kucing biasanya adalah dengan mengoleskan salep atau memeriksakannya pada jika sudah dalam kondisi yang parah. Adapun harga salep scabies kucing sangat variatif, tergantung mereknya.

Sebagai contoh, salep scabies Raid All Cream dengan harga mulai Rp25 ribuan per tube, kemudian ada juga salep SM harga Rp15 ribu, salep scabies Biodin Demodex dibanderol seharga Rp27.500, salep Scardix Rp17.500, Diatomix Rp31 ribu, salep scabies Rainbow Rp16 ribu, Scabimite Demodectic Rp45 ribu, dan masih banyak lagi.

Walaupun bisa disembuhkan, banyak orang khawatir jika scabies dapat tertular ke manusia. “Scabies pada , terutama yang paling sering muncul kasusnya adalah pada kucing, diakibatkan oleh tungau scabiei. Tungau ini tidak dapat hidup di tubuh manusia. Sehingga, dalam beberapa hari mereka juga mati,” kata dokter , dr. Zulkarnain, seperti dilansir Cendananews.

Ia melanjutkan, tungau itu umumnya akan menggali kulit dan meletakkan telur-telurnya di dalam lubang kulit kucing atau binatang peliharaan lain. “Pada manusia, tungau ini akan mati sebelum meletakkan telurnya. Karena memang ekosistemnya berbeda. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tungau tidak didapatkan di tubuh manusia,” terang dr Zulkarnain.

tungau penyebab scabies itu sendiri sangat kecil, sehingga tak bisa dilihat dengan mata biasa. Namun, tungau itu memang dapat menular pada manusia lewat sentuhan secara langsung. “Tungau ini menular melalui sentuhan langsung. Baik kepada sesama kucing atau hewan lain dan kepada manusia. Misalnya, manusia habis menyentuh kucing yang menderita scabies, lalu tidak mencuci tangan dengan bersih,” beber dr Zulkarnain.

Efek scabies pada manusia pun bisa parah apabila orang tersebut mempunyai riwayat alergi. “Walaupun tungau scabiei ini tidak bisa hidup di kulit manusia, tapi efek gatalnya tetap ada. Pada orang dengan sejarah alergi maka kondisinya bisa parah. Kondisi inilah yang harus dibawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis,” ungkapnya.

Loading...