Simpan Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Harga Salak Gading Relatif Stabil

Buah Salak Gading - www.bukalapak.comBuah Salak Gading - www.bukalapak.com

Jenis salak yang beredar di pasaran Indonesia sebenarnya ada beragam, namun masyarakat biasanya lebih familier dengan salak pondoh yang dikenal manis. Selain salak pondoh, ada juga jenis lain seperti salak madu hingga salak gading. salak lain ini harga jualnya relatif terjangkau dan rasanya pun tak kalah nikmat.

Adapun untuk salak gading adalah varietas buah salak dengan yang menarik. Bagian luarnya berwarna kuning kecokelatan, berbeda dari salak pondoh yang cenderung coklat gelap. “Salak Madu itu manis tetapi kurang produktif, kalau Salak Gading memang lebih segar tetapi rasanya agak asam dan kulitnya kuning,” ujar pengelola Omah Salak, Surya Agung, seperti dilansir Tribunnews.

Agung menjelaskan, salak pondok lebih banyak dikembangkan dan bahkan menjadi maskot di Sleman bagian utara atau sekitar lereng Gunung Merapi lantaran jenis salak ini sangat produktif dan tak perlu peremajaan saat pohonnya sudah tua. Salak pondoh pun banyak diekspor ke sejumlah negara, seperti , Kamboja, Selandia Baru, Australia, Korea, Singapura, dan Malaysia.

Meski demikian, daging buah salak gading lebih tebal dari salak pondoh serta memiliki aroma dan manis yang khas. Dibandingkan salak lainnya, buah salak gading memang relatif lebih sepat dan memiliki sedikit asam. Salak gading pun dipercaya mempunyai banyak atau khasiat untuk kesehatan, mulai dari mengobati diabetes, kolesterol, darah tinggi, asam urat, dan lain-lain.

Harga salak gading di pasaran pun tak terlalu mahal. Per 1 kilogram (kg) salak gading biasanya dijual dengan harga kisaran Rp20 ribuan hingga Rp45 ribuan. “Harganya relatif lebih stabil dibandingkan salak lain,” ungkap Suharno, petani salak sekaligus Sekretaris Koperasi Kertomandiri Sejahtera, Sleman.

Menurut Suharno, hal itu karena proses penanaman dan perawatan salak gading pun berbeda. Akan tetapi, proses pencangkokan salak gading lebih sulit dai jenis salak pondoh, salah satunya karena tak boleh berada di area panas. Ia menggambarkan, dari 10 batang salak gading yang dicangkok mungkin hanya sekitar 4 batang yang bisa sukses tumbuh dengan baik.

Loading...