Diklaim Tak Bikin Kulit Iritasi, Ini Deretan Sabun Tanpa SLS & Paraben

Sabun Tanpa SLS & Paraben - www.freepik.comSabun Tanpa SLS & Paraben - www.freepik.com

Penggunaan mandi, muka, atau shampoo yang berbahan tanpa kandungan SLS (Sodium Lauryl Sulfate) dan paraben kini mulai banyak dicari. Seperti diketahui, zat-zat kimia seperti SLS dan paraben disebut-sebut berbahaya untuk pemakaian jangka panjang. Beruntung kini ada banyak sabun lokal maupun yang sengaja diformulasikan bebas SLS dan paraben. sabun tanpa SLS dan paraben pun sangat beragam.

“Sebenarnya, ada 8 chemical. Tapi, saya highlight dua saja. Pertama adalah SLS. Kandungan ini yang sering bikin terasa kesat saat memakai sabun mandi,” kata Educator & Trainer Mundipharma, Mery Sulastri, seperti dilansir Dream.

Selain membuat kulit terasa kesat dan tertarik, SLS pun rentan mengakibatkan iritasi, mengganggu keseimbangan pH, dan mengikis kandungan minyak alami yang membuat kulit jadi lebih kering. “Kalau terkena mata, SLS bisa menyebabkan kerusakan mata. Jadi, sangat dilarang dalam sabun. kesat juga bukan berarti bersih, justru kandungan minyak alami kulit berkurang,” sambung Mery.

Tak hanya SLS, parabens pun disebut sebagai zat yang berbahaya untuk kulit. Padahal seperti yang kita ketahui, paraben kerap ditemukan sebagai pengawet dalam perawatan tubuh supaya tidak cepat kedaluwarsa. “Paraben bersifat seperti estrogen, hormon wanita. Paraben juga diklaim bisa menyebabkan efek buruk buat wanita hamil dan dikaitkan dengan kanker payudara. Makanya, paraben dan turunannya sudah nggak boleh digunakan di manapun,” bebernya.

Setidaknya di Indonesia ada beberapa pilihan merk sabun bebas SLS dan paraben, di antaranya Hygeia Body Wash yang berbasis propolis harganya Rp165 ribu per botol 500 ml, Bastille Soap sabun chamomile Rp120 ribu per botol ukuran 250 ml, The Bath Box Liquid Soap harganya mulai Rp95 ribu, Sensatia Botanical Hydrating Body Wash harganya mulai Rp180 ribu, Nara Natural Product Peppermint mulai Rp149 ribu, sabun batangan Vimala Rasayana seharga Rp60 ribu, Gulaco Liquid Soap Teh Hijau Rp85 ribu, hingga rangkaian produk sabun mandi dari The Soap Corner dengan harga mulai Rp65 ribu per botolnya.

Loading...