Bisa Dibangun Dalam Waktu Singkat, Harga Rumah Prefabrikasi Indonesia Murah Banget

Harga Rumah Prefabrikasi - rumahlia.comHarga Rumah Prefabrikasi - rumahlia.com

Membangun sebuah dengan yang murah dan waktu singkat di saat ini bukanlah hal yang mustahil. Terlebih dengan adanya berupa rumah-rumah instan atau yang kerap disebut dengan rumah prefabrikasi (prefab house) atau rumah modular. Meskipun prosesnya cukup cepat, rumah prefabrikasi ini sifatnya permanen dan mengusung spesifikasi layaknya rumah minimalis pada umumnya. Dari segi harga, tentunya harga rumah prefabrikasi ini jauh lebih murah dibanding jika harus membangun rumah dari awal dengan -material yang terpisah.

Sebelumnya, inovasi ini muncul lewat rumah RISHA berteknologi knock down atau bongkar pasang yang cukup praktis dan layak huni. Kabarnya, dengan modal sebesar Rp50 juta saja sudah memungkinkan untuk memiliki rumah tipe 33, tentunya belum termasuk dengan harga rumah tersebut dibangun. RISHA bisa mematok harga murah karena memakai utama panel beton dan baut yang relatif lebih terjangkau dan tidak fluktuatif seperti bata dan semen pada umumnya.

Selain RISHA, ada juga rumah prefabrikasi lain bertajuk Conwood. Beberapa tahun lalu, Conwood Indonesia menghadirkan rumah prefab tipe 25 dan 36 yang masing-masing mempunyai kekuatan dan spesifikasi sama, yakni terbuat dari campuran semen (70 persen) dan serat fiber (30 persen). Rumah yang juga berkonsep bongkar pasang ini diklaim hanya butuh 7 hari untuk dirangkai dan tidak memakai material kayu sama sekali. “Dengan asumsi rumah tersebut dibangun oleh tujuh orang tukang ya,” ucap Commercial Director PT Conwood Indonesia Rizki Kresno, seperti dilansir Ikons.

Kala itu rumah Conwood dilego dengan harga Rp2,4 juta per m2 (meter persegi), atau sekitar Rp86 juta untuk rumah tipe 36 dan Rp60 juta untuk rumah tipe 25. Rumah Conwood juga diklaim tahan gempa hingga kekuatan 4 skala Richter dan tahan api.

Yang tak kalah menarik, ada pula rumah modular bernama Domus Revo yang diciptakan oleh PT Tatalogam Lestari. Jauh lebih cepat dari Conwood, Domus Revo diklaim bisa rampung dirakit minimal 5 hari. “Komponen Domus Revo di-packing terpisah sehingga dalam kargo pengirimannya space-nya lebih praktis dan efisien. Satu container bisa untuk membangun 30 unit rumah,” ujar Vice President PT Tatalogam Lestari Stephanus Koeswandi beberapa waktu lalu.

Domus Revo menyediakan tipe rumah 21, 30, 36, dan 45 m2 dengan harga Rp2,2 juta/m2 (terpasang). Jadi, untuk membangun rumah Domus Revo tipe 21 m2 biaya yang diperlukan sekitar Rp45 juta. “Itu sudah termasuk dinding, lantai, penutup plafon, kloset plus keran dan pintu terpasang, juga instalasi listrik dan air,” tandasnya.

Loading...