Dibuat oleh India-Rusia, Berapa Harga Rudal Jelajah Supersonik BrahMos?

Rudal Jelajah Supersonik BrahMos - breakingnews.co.idRudal Jelajah Supersonik BrahMos - breakingnews.co.id

Banyak yang memiliki teknologi mutakhir untuk menunjang sektor pertahanan dan keamanan mereka. Tak terkecuali dengan . bahkan memiliki patungan dengan Rusia bernama BrahMos Aerospace yang telah memproduksi rudal jelajah supersonik yang sejak beberapa tahun silam sudah ditawarkan ke sejumlah negara, termasuk . rudal Brahmos sendiri mencapai jutaan AS.

Rudal jelajah yang diklaim tercepat di dunia tersebut pada tahun 2010 silam ditawarkan dengan harga mencapai 3 juta dolar AS atau sekitar Rp42,3 miliar apabila dikonversikan dalam . Senjata supersonik itu sendiri telah dikembangkan sejak lama dan baru kemudian digunakan oleh Angkatan Laut India untuk kapal perang di garis depan pada tahun 2005.

Walaupun India dan Indonesia masih belum mencapai kesepakatan akhir terkait BrahMos, kunjungan tim dari perusahaan India-Rusia ke galangan kapal PT PAL tahun 2018 lalu adalah sebuah kemajuan yang cukup signifikan. “Tim BrahMos diundang untuk mengunjungi perusahaan pembangunan kapal yang dikelola pemerintah dan melihat platform Indonesia,” ujar sumber seperti dilansir Hindustan Times melalui Sindonews.

Sebagai informasi, rudal BrahMos diklaim mampu terbang dengan kecepatan 1 km per detik. Pihak BrahMos sendiri yakin bahwa dalam beberapa tahun ke depan, rudal jelajah Amerika dan Perancis belum mampu menyainginya karena perusahaan itu bukan hanya mampu meraih pertumbuhan tercepat, namun juga mampu menciptakan senjata dengan biaya produksi paling efisien.

Rudal BrahMos sendiri membawa hulu ledak konvensional seberat 200 kg dengan jangkauan tembang hingga 280 km. Para pakar di India maupun Rusia telah mulai bekerja sama merancang rudal tersebut sejak tahun 2001. Nama BrahMos sendiri merupakan perpaduan dari Brahmaputra India dan Moscova Rusia.

BrahMos Aerospace sendiri ternyata terus berkembang, terbukti bahwa pada tahun 2019 ini mereka baru saja mempresentasikan sebuah purwarupa dari rudal jelajah BrahMos-NG generasi baru berbasis udara di pameran Aero India di Bengaluru, India. Purwarupa rudal tersebut tampak terpasang pada pesawat tempur Tejas milik Angkatan Udara India.

Tahun lalu pihak BrahMos Aerospace mengungkapkan jika rudal BrahMos-NG akan segera diproduksi dalam 3-5 tahun. Bahkan kabarnya pesawat tempur MiG-29 Rusia mungkin juga akan dilengkapi dengan rudal tersebut.

Loading...