Harga Rp48 Ribuan per Kg, Kulit Buah Kiwi Diklaim Aman Untuk Dikonsumsi

Harga, buah, kiwi, per, kg, di, pasaran, manfaat, kulit, konsumsi, Indonesia, dewasa, vitamin, kalsium, aman,Ilustrasi: buah kiwi (ibfnetwork.org)

Memiliki daging berwarna hijau, sekilas ini mirip dengan sawo. Rasanya yang lembut manis dengan paduan rasa asam, menjadikan kiwi gemar dikonsumsi oleh anak-anak hingga dewasa. jualnya di pasaran pun relatif terjangkau, yakni Rp48 ribuan per kg.

Di balik rasanya yang nikmat, nyatanya buah yang umumnya didatangkan dari ini menyimpan potensi sekaligus untuk pencegah sakit. Pada tiap 100 gram buah kiwi emas yang mentah, disebut-sebut terdapat sekitar 60 kilo kcal energi, 14 gram karbohidrat, serat diet 2 gram, dan 0,5 gram lemak. Selain itu juga diperkaya dengan sekumpulan vitamin, seperti B1, B2, B3, B5, B6, B9, vitamin C, E, K, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, serta natrium.

“Kulit dari buah kiwi seluruhnya bisa dimakan dan membuat buah ini jadi semakin bernutrisi,” terang California Kiwifruit Commision seperti dilansir Purewow. Bahkan kulit kiwi dikatakan memiliki kandungan serat tiga kali lebih tinggi dibanding daging buahnya sendiri.

Meski kiwi yang beredar di Indonesia kerap didatangkan dari New Zealand atau Amerika, namun kiwi disebut-sebut berasal dari Tiongkok, dan kerap disebut dengan Chinese goosberry. Di negara asalnya ini, kiwi seringkali berperan sebagai obat atau vitamin untuk membantu wanita pada masa pemulihan pasca persalinan, juga kerap diberikan pada anak-anak agar dapat cepat tumbuh tinggi.

Kiwi juga dapat dijadikan yang tepat untuk mengelola kadar gula rendah, oleh sebab bebas lemak dan indeks glikemik yang tergolong rendah. Adanya hormon serotonin dalam buah ini juga berperan untuk mendukung fungsi kardiovaskular dan pencernaan. Diketahui hormon serotonin ini selain dapat membuat tidur terasa lebih nyenyak, juga dapat meningkatkan selera makan, meningkatkan daya ingat, memperbaiki suasana hati (mood), hingga mendukung kemampuan fokus saat belajar.

Dalam hal penanganan penyakit, kiwi dipercaya bisa membantu mengelola tekanan darah, yang mana bisa membantu mengurangi risiko stroke, batu ginjal, dan osteoporosis. Buah yang menyerupai telur ayam ini juga memungkinkan untuk meringankan gejala sesak napas pada anak. Merujuk pada sebuah , diungkapkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi 5-7 kiwi dan sitrus tiap minggunya akan lebih jarang mengalami batuk dan bersin.

Sementara untuk kesehatan mata, buah kiwi mengandung zat fitokimia yang bernama lutein. Zat ini berguna untuk melindungi mata dari serangan radikal bebas dan membantu mencegah kebutaan akibat penuaan. Namun, untuk mendapatkan sejumlah manfaat yang maksimal, sebaiknya kiwi disimpan tanpa paparan sinar matahari secara langsung dan disimpan terpisah dengan buah-buahan yang lain. Pasalnya, kiwi akan cenderung lebih cepat matang apabila disimpan dalam tas kertas bersamaan dengan pisang, pir, atau apel.

Cara memakan buah ini bisa dikonsumsi secara langsung, ataupun diolah menjadi berbagai dan minuman. Kiwi yang memiliki rasa yang segar dapat dengan mudah dipadukan dengan aneka santapan sehat lain, seperti dijadikan bagian dari salad, campuran yoghurt, pemanis es krim, smoothies, selai, oatmeal, cake, kue, jus, hingga puding.

Loading...