Harga Rp20 Ribuan, Pupuk NPK 16 16 16 Diklaim Mampu Tingkatkan Produksi dan Kualitas Hasil Panen Tanaman

Harga, pupuk, npk, 16 16 16, Mutiara, Yaramila, kemasan, 1, 50, kg, kilogram, sak, per, keunggulan, manfaat, tanaman, budidaya,Ilustrasi: petani sedang mengurus sawah

Dalam tanaman, pemupukan merupakan hal penting karena hal ini sangat menentukan keberhasilan tanaman, di samping kita harus tahu jenis dan proses penyerapan oleh tanaman, kita juga harus tahu cara mengaplikasikan yang benar pada tanaman.

Salah satu ciri pertanian modern adalah pengelolaan pemupukan yang didasarkan pada hasil uji atau analisis tanah. dapat menghitung sendiri kebutuhan pupuk, termasuk kompos atau pupuk kandang untuk meningkatkan produktivitas lahannya berdasarkan hasil uji/analisis tanah. “Oleh karenanya, uji tanah yang paling penting adalah diperolehnya kadar bahan organik tanah aslinya. Dengan begitu dapat dihitung kebutuhan kompos atau pupuk kandangnya,” jelas Prof. Abdul Rauf, Pakar pengelolaan DAS kepada Berita Sore.

Selain pupuk kandang, di dalam membudidayakan tanaman juga dikenal dengan produk pupuk kimia. Beberapa merek pupuk kimia tersebut hadir di pasaran, salah satunya adalah pupuk NPK Mutiara 16-16-16 merk Yaramila. Pupuk yang satu ini dikemas dalam kemasan 1000 gram atau dan kemasan 1 sak 50 kilogram. Kemasan 1 kg dijual dengan Rp20.000, sedangkan per 1 karung 50 kg dijual seharga Rp490.000.

NPK Yaramila 16-16-16 mengandung beberapa unsur, di antaranya 16% kandungan Nitrogen, 9,5% kandungan Ammonium Nitrogen (NH4), sebanyak 6,5% kandungan Nitrate Nitrogen (NO3), 16% kandungan Fosfat (PO2O5), 16% kandungan Kalium Oksida (K2O), sebanyak 1,5% kandungan Magnesium Oksida (MgO), dan 5% kandungan Kalsium Oksida (CaO).

Produk Yaramila 16 16 16 diklaim sebagai pupuk NPK Mutiara berkualitas yang telah lama digunakan oleh pembudidaya tanaman di seluruh dunia, termasuk Indonesia, karena terbukti mampu meningkatkan produksi dan kualitas hasil tanaman budidaya. Dengan memberikan pupuk ini saat bertanam, diyakini membuat daun tanaman terlihat lebih hijau dan segar. Oleh karena daun tanaman lebih baik, maka membuat proses fotosintesis lebih mudah tercipta.

Beberapa manfaat lainnya dari pemakaian pupuk Mutiara 16-16-16 adalah perakaran tanaman menjadi lebih kuat, lebat, dan sehat, jumlah anakan bertambah lebih banyak, batang tanaman menjadi lebih kokoh serta kuat, meminimalisir risiko rebah atau roboh, tanaman tahan serangan penyakit dan hama, mempercepat proses terbentuknya bunga dan matangnya biji.

Selain itu masa panen juga diklaim lebih cepat karena kandungan protein meningkat, meningkatkan jumlah biji dan buah pada setiap tangkai tanaman, karbohidrat dan pati jadi lebih lancar proses terbentuknya, serta hasil panen lebih tahan dalam pengangkutan, penyimpanannya pun relatif lebih lama.

Keunggulan pupuk NPK Yaramila 16-16-16 adalah larut seluruhnya dalam air, sehingga dapat lebih mudah dan cepat diserap oleh tanaman. Kandungan unsur hara makro yang lengkap (sesuai uraian deskripsi di atas), menjadikan tanaman tumbuh sehat sempurna. Beberapa petani juga mengatakan bahwa hampir tak ada risiko atau efek samping negatif dalam menggunakan dan mencampur produk ini di .

Pupuk yang satu ini dianggap cocok untuk digunakan pada semua jenis tanaman, misalnya tanaman bunga, tanaman buah, , tanaman pangan seperti palawija, atau tanaman perkebunan, dan lain sebagainya. Karena formulanya yang mudah larut dalam air, pupuk ini cocok digunakan dengan sistem penaburan langsung pada permukaan tanah atau dengan sistem cor, dengan dosis 100-1000 kg/ha untuk sistem tabur dan 4-10 kg/liter air untuk sistem cor.

Loading...