Harga Rp 75 Ribuan per 5 Kg, Beras Cap Rambutan Diklaim Organik & Bebas Pemutih

Harga Beras - www.tokopedia.comHarga Beras - www.tokopedia.com

Indonesia adalah yang menjadikan beras sebagai utamanya. Beras dimasak menjadi nasi dan kerap disantap dengan berbagai makanan pendamping untuk sehari-hari. Sebagai makanan utama, tak heran jika merek dan beras di Indonesia pun ada bermacam-macam, mulai dari Rojolele, Setra Ramos, Pandanwangi, dan masih banyak lagi.

Tahun 2017 lalu Pemerintah Kota (Pemkot) Binjai juga memperkenalkan beras organik Cap Rambutan sebagai beras andalan Kota Binjai, Sumatera Utara. Beras organik tersebut tersedia dalam kemasan setengah (1/2) kilogram hingga 5 kg. Pemkot Binjai sendiri menargetkan beras Cap Rambutan sebanyak 1 ton.

Menurut Kepala Bagian Humas Setdako Binjai Rudi Iskandar Baros, pihaknya yakin jika beras Cap Rambutan akan diminati oleh masyarakat. “ berasnya cukup bagus dan bisa bersaing dengan beras primer yang ada di Indonesia,” ujar Rudi, seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut Rudi memaparkan, beras Binjai Cap Rambutan adalah beras berbasis organik dari varietas sidenok dengan pola bercocok tanam melalui Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik (IPAT-BO). Beras Binjai Cap Rambutan tersebut telah didaftarkan untuk mendapat Hak Paten di Kemenkumham dan dengan harga Rp 75 ribu per 5 kg.

Teknologi IPAT-BO yang diusung beras Binjai Cap Rambutan diklaim dapat menghasilkan padi seberat 10,1 ton per hektare dengan masa tanam hanya 86 hari, sebagaimana yang telah diujicoba di area persawahan Jalan Danau Malinjo, Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, beberapa waktu lalu.

“Keunggulan beras Binjai cap rambutan antara lain tidak memakai zat pemutih, pewarna dan pewangi, tidak dicampur dan hanya satu varietas benih,” klaim Direktur LPM Pilar Andalan Sinergi, Gunawan Hadisahputra.

Di luar negeri seperti Malaysia sendiri rupanya juga ada beras merek serupa, yakni beras Cap Rambutan yang disebut-sebut sebagai beras impor asal Thailand. Beras ini diperdagangkan dalam ukuran 5 kg dan 10 kg. Harga beras Cap Rambutan Thailand White Rice 5 kg di Malaysia berkisar antara RM 16,80 hingga RM 17,99 per karung atau sekitar Rp 59 ribuan hingga Rp 63 ribuan.

Loading...