Harga Rp 3 Jutaan, Harmonika Kromatik Yamaha Unggulkan Desain & Suara Prima

Harmonika - lifestyle.okezone.comHarmonika - lifestyle.okezone.com

Dibandingkan piano atau keyboard, tiup seperti harmonika mungkin masih kalah . Padahal harmonika mampu menyuguhkan nuansa yang berbeda dan cenderung unik. Alat harmonika sendiri jenisnya ada beberapa, mulai dari harmonika diatonik, tremolo, hingga kromatik. Jika meninjau dari tingkat kerumitan pembuatannya, harmonika jenis kromatik (chromatic) relatif lebih mahal dari tremolo dan diatonik karena pembuatannya lebih sulit. Terlebih karena harmonika kromatik memiliki tombol slide di sebelah kanannya.

Bagi para pemula yang baru belajar memainkan harmonika, mungkin memainkan harmonika kromatik akan terasa agak sulit. Padahal suara yang dihasilkan oleh harmonika kromatik jangkauan nadanya lebih luas. Harmonika kromatik mampu menghasilkan semi tone yang tak mungkin didapat dari harmonika single atau double reed.

Istilah ‘kromatik’ sendiri sebenarnya mengacu pada semitone, karena harmonika kromatik dapat menghasilkan nada-nada berskala kromatik seperti tuts piano, semua kunci dapat dimainkan menggunakan satu instrumen. Oleh sebab itu lebih banyak orang yang kini menyukai harmonika kromatik meski harganya lebih mahal.

“Dengan harmonika kromatik, seseorang dapat memainkan 12 nada, seperti piano. Sementara harmonika diatonik seperti piano tanpa tombol hitam, yang berarti hanya memiliki 7 nada,” ujar musisi asal Indonesia yang kini tengah bermukim di Melbourne, Ade Ishs, seperti dilansir Metrotvnews.

Harmonika kromatik yang beredar di Indonesia mereknya ada bermacam-macam dan harganya relatif bervariasi. Sebagai merk paling murah adalah Harmonika Bass Chromatic Parrot dengan harga Rp 119 ribuan, kemudian ada Golden Cup 24 holes harga Rp 168 ribuan, Skylark 12 holes Rp 185 ribuan, East Top Rp 465 ribuan, Tombo Unica Slide Rp 1,5 jutaan, Hohner Deluxe 270 Rp 2,45 jutaan, hingga Hohner CX12 yang harganya mencapai Rp 3,9 jutaan.

Sementara itu untuk harmonika kromatik merek Yamaha cukup sulit ditemui di . Biasanya harmonika kromatik Yamaha lebih banyak dijual di -situs e-commerce luar negeri seperti Ebay dan sebagainya. Di Ebay harga harmonika kromatik Yamaha No.1200B Sliding Type dari Jepang bisa dijual mencapai Rp 3,2 jutaan.

Loading...