Diklaim Bebas Lemak Trans, Segini Harga Roti Ikan Bilis Gardenia

Roti ikan bilis bun (sumber: pinterest)Roti ikan bilis bun (sumber: pinterest)

/ Apakah Anda pernah mendengar tentang ikan bilis? Ini adalah jenis ikan air tawar yang menyebar di Pulau Sumatera, termasuk di Danau Singkarak dan Danau Maninjau. Sering diolah menjadi khas kawasan kepulauan Sumatera, bilis ternyata juga dapat dibuat menjadi ikan. Salah satunya adalah produksi Gardenia yang ditawarkan dengan yang sangat terjangkau.

Gardenia sendiri merupakan perusahaan asal Singapura yang fokus pada produk seperti roti lapis. Sayangnya, produk mereka belum masuk ke pasaran dalam negeri. Namun, jika Anda penasaran dengan ikan bilis yang diolah menjadi roti, Anda bisa membelinya di sejumlah toko online Malaysia dengan harga mulai 1,03 ringgit atau cuma Rp3.600 per buah. Ada juga yang menjualnya 10 buah dengan harga mulai 15 ringgit saja.

Menurut data Fat Secret , produk Gardenia Bun Sambal Bilis atau roti ikan bilis ini mengandung 190 kkal energi, 7 gram lemak, 5,70 gram protein, 25,30 gram karbohidrat, dan 1,1 gram serat dalam tiap potongnya atau sekitar 60 gram. Produk tersebut diklaim tidak mengandung lemak trans (salah satu jenis lemak jenuh) alias 0%.

Sementara itu, apabila Anda ingin merasakan sensasi ikan bilis, mungkin Anda bisa berkunjung ke kawasan Sumatera, seperti Anambas dan Tanjung Pinang. Pasalnya, di daerah tersebut, sudah banyak warga setempat yang menjajakan ikan bilis, baik dalam kondisi masih segar maupun sudah diolah menjadi sejumlah menu makanan.

Ikan bilis yang dijual penduduk setempat ada dua macam, yakni ikan bilis hijau dan ikan bilis putih. Ikan bilis hijau berbentuk agak besar dan berisi, sedangkan ikan bilis putih warnanya bersih dan bentuknya agak pipih serta sedikit kecil. “Ikan bilis ini ada dua macam, namun yang paling banyak itu ikan bilis hijau. Sekarang, ikan bilis putih sudah jarang,” kata Astri, seorang penjual bilis di Desa Piabung, Andalas, dilansir Tribum Batam.

“Biasanya, pedagang dari luar pulau banyak yang pesan, dan sudah menjadi langganan juga. Namun, kalau tidak musim, bilis bisa mahal harganya,” sambung Astri. “Dalam sehari, saya bisa memperoleh untung Rp500 ribu hingga Rp1 juta, bahkan lebih apabila banyak yang memborong untuk dijual kembali.”

Loading...