Harga Mulai Rp13 Ribu, Rolade Daging Sapi Termasuk Lauk Favorit Bercita Rasa Lezat

Rolade Daging Sapi - www.idntimes.comRolade Daging Sapi - www.idntimes.com

Sajian rollade terasa begitu sedap untuk disajikan dengan potongan sayur-sayuran lengkap dengan saus atau bahkan hanya dengan sepiring nasi hangat. Sayangnya, membuat rolade sendiri di rumah memang terasa begitu merepotkan. Tak heran jika kemudian kini bermunculan produk-produk rolade instan, baik yang terbuat dari , daging ayam, ikan, udang, dan lain-lain. Harga rolade daging biasanya relatif lebih mahal dibandingkan harga rolade dari daging ayam.

Di harga rolade daging sapi . Misalnya saja rolade sapi Viva ukuran 250 gram seharga Rp24.500, beef rollade King Food 1 kg harganya Rp36 ribu, rolade sapi Ayoma 450 gr dibanderol Rp20.500, Ayoma Rolade Sapi 225 gram Rp13 ribu, rolade Andy 450 gr Rp18.500, rolade sapi Besto Rp22 ribu, dan masih banyak lagi.

Selain membeli dalam wujud kemasan yang sudah jadi, rolade juga bisa dibuat sendiri di rumah. Adapun untuk rolade daging sapi dibuat dari daging sapi yang digiling halus. Biasanya bagian yang digunakan adalah sandung lamur atau brisket. Untuk menghilangkan bau amis, bisa menambahkan perasan air lemon dan jahe cincang. Bisa juga ditambahkan halus seperti bawang merah dan bawang putih.

“Agar rollade padat, komposisi bahan harus diperhatikan. Untuk 1 kg daging dapat dicampur dengan 1 butir telur dan sedikit tepung roti, atau sekitar 50 gr,” kata Chef Sapto Pratikto, seperti dilansir Netralnews.

Saat hendak membuat rollade, langkah pertama adalah membuat lapisan penggulung berupa kulit luar. Biasanya orang memakai telur dadar berdiameter 20-24 cm yang sengaja dibuat tipis supaya lebih mudah digulung. Baru kemudian adonan utama bisa dibuat.

“Untuk membuat rollade daging sapi, bahan berupa daging sapi giling kemudian ditambahkan bumbu halus berupa bawang putih, bawang bombay serta garam dan lada. Lalu diaduk hingga tercampur rata,” imbuh Chef Sapto.

Kemudian bisa menambahkan telur dan tepung roti yang berfungsi sebagai perekat dan penambah volume rolade. Jika adonan sudah rata, adonan dituang ke atas lapisan penggulung dan digulung perlahan sampai padat dan rapi. Supaya rollade memiliki tekstur yang padat dan tidak berongga, ikat kedua ujung lapisan penggulung dengan tali. Selanjutnya bungkus dengan plastic wrapped atau aluminium foil dan kedua ujungnya juga diikat erat. Adonan pun bisa dikukus di atas api sedang selama 20 menit.

Loading...