Penting Setelah Pasang Kawat Gigi, Berapa Harga Retainer Gigi Permanen?

Harga Retainer Gigi Permanen - www.yourdentistryguide.comHarga Retainer Gigi Permanen - www.yourdentistryguide.com

Meratakan susunan dengan behel atau kawat memang membutuhkan proses yang cukup panjang. Setelah tersebut selesai, rupanya masih perlu memakai retainer untuk menjaga gigi supaya tidak berubah. dan retainer gigi pun beragam, ada yang jenis lepasan atau .

“Ini memang sudah aturannya dan tidak bisa dihindari,” kata Dokter gigi ortodonsia Irwin Lesmono di Jakarta, seperti dilansir Liputan6. Irwin mengungkapkan, ada banyak jenis retainer, baik yang lepasan maupun permanen.

“Dalam kasus-kasus tertentu, disarankan menggunakan yang permanen. Tentu kalau menggunakan yang ini bisa seumur hidup. Demikian pula yang lepasan. Sebenarnya yang lepasan sama prinsipnya dengan yang fix. Semakin lama kita pakai itu, akan memastikan gigi terjaga dengan baik. Kenapa? Karena selama kita hidup ada saja orang memiliki berbagai hal yang bisa mengubah posisi gigi,” katanya.

Kemudian Irwin mencontohkan kebiasaan seperti menggigit bibir bawah saja bahkan dapat membuat gigi atas kembali maju. “Jadi untuk mencegah hal-hal itu terjadi, disarankan untuk menggunakan retainer. Tentu akan lebih sulit kalau kami meminta orang menghentikan kebiasaan buruknya. Dibanding menggunakan retainer,” tutur Irwin.

Kondisi gigi tetap berubah usai pemakaian behel pun dapat terjadi karena berbagai , sehingga tak bisa diidentifikasi penyebab utamanya. “Misalnya tidak mau memakai retainer. Itu bisa (menyebabkan posisi gigi berubah). Sudah tidak mau pakai retainer, punya kebiasaan buruk, itu bisa,” sambungnya.

Saat ini harga atau biaya pemasangan retainer sangat variatif. Misalnya saja untuk jenis Hawley retainer satu rahang dikenai tarif antara Rp600 ribu hingga Rp625 ribuan, jika dua rahang harganya Rp1.225.000 sampai Rp2 jutaan. Kemudian jenis clear retainer harganya Rp800 ribu – Rp1 juta untuk satu rahang atau Rp1,5 juta – Rp2 jutaan untuk dua rahang. Jenis fixed retainer harganya dibanderol Rp1 juta sampai Rp2 juta untuk satu rahang atau mulai Rp1,7 juta untuk dua rahang. Sedangkan jenis retainer Essix harganya cukup mahal, bisa mencapai Rp3 jutaan untuk pemasangan di dua rahang.

Loading...