Bikin Tampilan Motor Kece, Berapa Harga Repaint Velg?

Repaint Velg Motor - (Youtube: Windy Urtnowski)Repaint Velg Motor - (Youtube: Windy Urtnowski)

Selain bodi, velg (atau pelek) menjadi salah satu bagian yang rawan mengalami pengelupasan , terutama karena sering terkena pasir atau air di jalanan. Ketika velg memudar, tentu saja tampilan secara keseluruhan menjadi tidak elok lagi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mendatangi repaint velg, yang biasanya mematok biaya ratusan ribu . Jika ingin berhemat, Anda bisa membeli cat semprot velg dengan harga cuma puluhan ribu .

“Cat ulang atau repaint bisa dilakukan agar pelek tetap terjaga penampilannya, selain bisa membuat hilangnya noda di pelek,” terang Yopi Karuci, SM Motorsport di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dilansir Gridoto.com. “Cat yang digunakan standar, sama dengan cat yang dipakai untuk cat bodi mobil dan bisa juga tergantung dari pelek.”

Yopi melanjutkan, untuk pengecatan, secara garis besar sama dengan pengecatan bodi mobil. Meski demikian, untuk mengecat pelek mobil, harus detail agar hasilnya bisa rapi. Biaya untuk mengecat ulang velg mobil sendiri bervariasi, berkisar Rp1,5 juta hingga Rp2,5 jutaan, tergantung tipe kendaraan dan tingkat kerumitan.

Jika biaya repaint velg mobil bisa mencapai angka jutaan rupiah, bagaimana dengan pelek sepeda motor? Salah satu bengkel yang menerima repaint pelek, Harapan Motor Workshop di Jalan Kartini, Depok, mematok harga mulai Rp350 ribuan, tergantung tingkat kerumitan dan permintaan konsumen. “Pengerjaan normal rata-rata tiga hari, tergantung cuaca juga,” kata Erie, penanggung jawab Harapan Motor Workshop.

Biaya pengecatan ulang pelek sepeda motor bisa berbeda-beda di masing-masing tempat. Ronita Printing di Desa Buaran, Serpong, Tangerang misalnya, menyediakan jasa pengecatan velg motor dengan biaya berkisar Rp700 ribuan untuk dua velg sepeda motor merk Yamaha Aerox 1550 polos. Harga jasa untuk brand motor lain kemungkinan bisa berbeda.

Jika Anda kebetulan belum memiliki bujet yang cukup, tidak ada salahnya mengecat ulang velg secara mandiri. Anda cukup membeli cat semprot untuk velg dengan harga sekitar Rp39 ribuan per botol untuk merk Rubber Paint. Sebelum dicat, amplas terlebih dulu velg, kemudian lakukan penyemprotan dengan cat dasar, jemur velg, lalu cat sesuai dengan warna yang diinginkan dengan jarak sekitar 40 cm dari objek.

Loading...