Termasuk Makanan Terenak Dunia, Harga Rendang 1 Kg 2019 Tembus Rp300 Ribuan

Harga Rendang - prelo.co.idHarga Rendang - prelo.co.id

Hampir semua orang di Indonesia sudah pernah mencicipi kelezatan rendang asal Padang, Sumatera Barat. Makanan yang kaya rasa ini bahkan sejak beberapa tahun lalu disebut-sebut sebagai makanan terenak di dunia menurut CNN Travel. pembuatannya yang sulit dan rasanya yang sungguh nikmat membuat rendah di rumah makan Padang atau di sana cukup mahal, apalagi jika dibeli dalam jumlah banyak hingga 1 kilogram (kg).

Sebagai informasi, rendang sendiri sebenarnya berasal dari kata ‘marandang’ yakni proses memasak untuk menghilangkan air. Oleh sebab itu, proses masak rendang asli Minang bisa membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni hingga 7-8 jam sampai daging kering dan minyak naik, tanda sudah tak ada lagi air.

Di Sumatra Barat sana sebenarnya ada banyak rendang, tak hanya sapi. Misalnya saja rendang ayam, paru, kentang, belut, udang, ikan, udang, daun-daunan, hingga umbi-umbian. “Karena rendang adalah proses memasak yaitu ‘marandang’, jadi semua bahan pun bisa direndang. Kearifan lokal tidak menghalangi orang membuat rendang jadi kebanggaan daerah mereka,” ungkap Uni Reno Adam Suri, penulis buku ‘Rendang, Minang Legacy to the World’, seperti dilansir Detik.

Lebih lanjut Uni Reno menuturkan, resep rendang asli Padang biasanya memakai banyak sekali bumbu rempah, mulai dari bawang putih, bawang merah, jahe, laos, cabai merah, daun kunyit, dan daun jeruk. Orang-orang Minang terkadang juga masih menambahkan bumbu rempah lainnya.

Pada dasarnya tiap mempunyai ciri rempah sendiri untuk dimasukkan dalam rendang. “Kalau di Padang biasanya pakai kunyit. Kalau di Payakumbuh itu nggak. Di Payakumbuh sendiri ada yang pakai kapulaga, ada yang nggak. Kemudian kalau di Batusangkar, mereka tambahin ketumbar hijau, ketumbar mentah. Bukit Tinggi lain lagi. Mereka tambahin damar (kemiri). Jadi lain-lain. Tapi tampilannya (rendang) semua sama. Hitam dan kering,” jelas Uni reno.

Di resto-resto Padang, rendang biasanya per porsi atau per potong, sudah lengkap dengan nasi, sayur daun singkong, sambal cabai hijau, hingga kuahnya yang khas itu. Tetapi di sejumlah situs e-commerce kini juga sudah ada rendang saja yang dalam wujud kemasan, mulai dari 500 gram (1/2 kilo) hingga 1 kilo. Adapun harga rendang 1 kg 2019 berkisar antara Rp275 ribu hingga Rp330 ribu.

Loading...