Harga Relatif Murah, Triplek Plafon Mudah Rusak?

Harga, triplek, plafon, rumah, bangunan, ruang, ukuran, 2mm, 6mm, tebal, kuat, rusak, jenis, di, pasaran, murahInterior triplek plafon (lihat.co.id)

Plafon atau langit-langit adalah komponen bangunan yang dalam fungsinya sebagai lapisan untuk membatasi tinggi suatu ruangan. Selain untuk alasan tersebut, plafon juga berguna untuk keamanan, kenyamanan, dan keindahan dalam sebuah ruangan.

Tampilan suatu ruang juga ditentukan dari tinggi rendahnya plafon. Idealnya, untuk tinggal, tinggi plafon berukuran sedang antara 3-3,5 meter. Ini bertujuan untuk memperlancar sirkulasi udara di serta memperindah . Sementara batas terendah adalah 2,5 meter dari .

Bila rancangan plafon terlalu rendah maka ruangan akan terasa pengap dan sesak, sehingga atmosfer ruangan menjadi kurang baik. Sebaliknya jika terlalu tinggi, dapat menghilangkan nilai estetika ruang di rumah meski sirkulasi udara berlangsung baik dan memberikan suasana sejuk.

Sementara untuk bertingkat, umumnya maksimal ketinggian plafon adalah 2,5 meter. Hal ini disebabkan dari ketinggian setiap lantai yang tiga meter, masih dikurangi dengan balok dan ducting AC. Jadi, jika melebihi batas maksimum maka akan mengakibatkan pemborosan material.

Di pasaran, ada berbagai jenis plafon yang tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sebelum hadirnya plafon gypsum yang menjadi favorit banyak orang saat ini, terlebih dahulu muncul jenis plafon triplek. utama untuk membuat plafon ini adalah kayu kaso 4×6 sebagai rangkanya.Jika Anda menginginkan rangka yang lebih kuat dan kokoh bisa menggunakan kayu kaso 5×7.

Ukuran triplek yang ada di pasaran untuk plafon adalah 122cm x 244cm dengan ketebalan 3mm, 4mm, dan 6mm. Rangka plafon menggunakan kaso 4/6 atau 5/7 dengan ukuran rangka kayu 60cm x 60cm. Jika Anda menginginkan plafon triplek yang lebih kuat dan kokoh bisa menggunakan triplek ukuran 6mm. plafon triplek ukuran paling kecil yakni 2mm (122cm x 244cm) dijual seharga Rp32 ribuan. Sementara untuk ukuran 6mm ditawarkan dengan mulai Rp69 ribuan per lembar.

Untuk memasangnya, triplek dapat dibelah menjadi empat bagian dengan ukuran 61cm x 122cm dan bisa juga dipasang secara utuh tanpa dipotong. Kebutuhan material pemasangan 1 meter persegi plafon triplek adalah triplek sebanyak 0,347 lembar, kaso 5/7 atau 4/6 dengan panjang 4 meter sebanyak 1,5 , dan paku sebanyak 0,220 kg.

Kelebihan menggunakan triplek sebagai bahan dasar plafon antara lain mudah pengerjaannya, mudah dibeli di pasaran, harga murah, mudah diperbaiki atau diganti, dan juga ringan. Namun, kekurangannya adalah kurang tahan air jika terjadi rembesan air hujan dari atap rumah. Cepat rusak apabila terkena air terus menerus, dan juga tidak tahan api. Di samping itu sambungan antara triplek dengan triplek lainnya juga harus dipoles sedemikian rupa agar tidak begitu kelihatan.

“Plafon triplek bila sudah terkena kebocoran, langsung ternoda dan sulit untuk di cat tembok (emulsi) agar kembali indah seperti semula. Bila sudah ternoda biasanya diakali dengan cat minyak, baru ditimpa cat tembok,” ujar salah seorang pekerja bangunan.

Loading...