Cocok untuk Ruangan Sempit, Harga Rel Pintu Geser Dekson Mulai Ratusan Ribu Rupiah

Ilustrasi : Pintu geserIlustrasi : Pintu geser - media.rooang.com

-jenis pintu yang bisa digunakan untuk hunian ada beragam. Selain pintu buka-tutup seperti biasa, ada juga pintu rumah geser atau istilah lainnya adalah sliding door. Pintu yang dibuka dengan cara digeser ini tergolong aman dan minimalis, karena bisa menghemat ruang pada rumah atau yang berukuran sempit.

Tak hanya sebagai pintu, sliding door pun kabarnya juga multifungsi, dapat dijadikan sebagai jendela, dinding, atau bahkan sekat. Arsitek Widjaja Wardana mengungkapkan bahwa penggunaan sliding door atau sliding window ini bahkan bisa menambah keindahan atau estetika suatu ruangan. Rumah yang memakai pintu geser pun menurutnya bakal tampak lebih elegan dan mewah. Namun tentunya hal itu harus ditunjang dengan aspek pewarnaan, , dan pencahayaan yang cocok.

“Sliding door memiliki fungsi yang sama dengan pintu pada umumnya, yaitu sebagai jalan masuk dan keluar. Jika difungsikan sebagai jendela, sliding door berguna untuk ‘mengundang’ udara agar masuk ruangan. Dengan begitu, sirkulasi di dalam rumah bisa senantiasa terjaga demi menunjang kesegaran dan kesehatan penghuni,” kata Widjaja, seperti dilansir Okezone.

Lebih lanjut Widjaja menjelaskan, untuk membuat sliding door atau window memang dibutuhkan ekstra lantaran harga railing () atau jalur geser untuk roda pintu cukup mahal. Berbeda dari pintu berengsel biasa (hatching door) yang harganya relatif murah. “ mahal itu juga yang akan membuat gengsi pemilik rumah terdongkrak,” ungkapnya.

Sebagai contoh, untuk rel pintu geser Dekson D4 (track 2000 mm) dengan harga sekitar Rp330 ribu. Kemudian untuk harga set pintu sliding Dekkson 300 cm D6 SR 8901 harganya mencapai Rp900 ribu. Cukup mahal bukan?

Pemasangan rel atau railing dari pintu geser memang harus dilakukan secara cermat. Rel roda tersebut dapat ditempatkan di bagian atas pintu atau di lantai. Pakailah material yang tidak mudah berkarat atau pilih merk yang memang terkenal kualitasnya. Roda-roda tersebut memakai gear yang terbuat dari material keras. Pemilik rumah bisa memberi pelumas seperti vaseline untuk meminimalisir pintu macet dan berbunyi.

Loading...