Dihitung per Shift, Harga Rekaman Suara di Studio Relatif Murah

merekam suaraProses merekam suara - www.idntimes.com

JAKARTA – Umumnya, musik memang menyediakan atau layanan rekaman musik full aransemen, baik untuk band maupun vocal group. Namun, bagi Anda yang hanya ingin melakukan recording suara saja, juga bisa dilakukan di studio-studio ini. Bahkan, harga rekaman suara jauh lebih terjangkau jika dibandingkan rekaman full.

Tidak sulit menemukan studio musik yang menawarkan jasa rekaman suara. Di kawasan Bandung misalnya, ada MK Record yang berlokasi di Jala Golf Selatan IV No. 3, Cisaranten, Binaharapan. Studio musik ini menyediakan jasa rekaman suara atau vokal dengan harga mulai Rp50 ribuan. Apabila disertai tambahan instrumen, maka akan dikenakan extra Rp50 ribu per instrumen.

Selain itu, banyak studio yang menawarkan rekaman vokal dengan harga berkisar ratusan ribu rupiah. Kevin Music Studio yang beralamat di Ruko Kelapa Gading Square Blok B No. 50A, lantai 4 memiliki Recording Basic dengan harga mulai Rp400 ribuan, sudah termasuk rekaman, mixing, mastering, dan satu CD audio.

Jika Anda ingin berhemat, di sudah tersedia banyak produk perekam suara yang bisa Anda gunakan di rumah. Sony Voice Recorder misalnya, sekarang dengan harga Rp749 ribuan per unit, sudah termasuk main unit, manual book, dan dua baterai. Perangkat ini diklaim mudah digunakan dan berkualitas, serta punya kualitas suara yang baik.

“Alat ini cocok digunakan untuk acara-acara seminar, juga bisa untuk keperluan lainnya, seperti merekam wawancara, kuliah, kotbah, investigasi, atau membuat memo pribadi,” tulis Toko Komputer 007 dalam situs resminya. “Anda juga bisa merekam , konser, latihan menyanyi anak, dan lain-lain. Jika Anda ingin hasil rekaman terbaik, Anda memerlukan alat ini.”

Bagi Anda yang ingin lebih ‘’, bisa memilih untuk membeli paket komplet home recording. Harganya di pasaran bervariasi, mulai Rp500 ribuan hingga jutaan rupiah, tergantung merk dan kelengkapan alat. Untuk Home Recording BM800, sekarang dijual dengan banderol Rp505 ribu, sudah termasuk original microphone BM800, stand microphone, pop filter 6 inch, kabel XLR, sound card mixer, 2 kabel audio, USB cable, dan manual book.

Loading...