Simpan Segudang Khasiat, Harga Rebung Bambu Kuning per Kg Mulai Rp50 Ribuan

Rebung Bambu Kuning - shopee.co.idRebung Bambu Kuning - shopee.co.id

Rebung atau bambu muda selama ini banyak diolah oleh masyarakat Indonesia menjadi berbagai yang lezat, mulai dari gulai sayur rebung hingga menjadi isian lumpia Semarang. Rebung, khususnya rebung bambu kuning bahkan dipercaya menyimpan banyak khasiat untuk . Di , rebung bambu kuning dalam kondisi utuh atau segar dijual antara Rp50 ribuan hingga Rp65 ribu per 1 kg.

Menurut Spesialis Gizi Klinis dr Ida Gunawan SpGK, rebung mengandung energi sebesar 27 kilo kalori, protein 2,6 gram, karbohidrat 5,2 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 13 miligram, fosfor 59 miligram, dan zat besi 1 miligram. “Selain itu, di dalam rebung juga terkandung A, C, B, E, thiamin, fosfor hingga zat besi,” ujar dr Ida dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne.

Kandungan gizinya yang kaya membuat rebung dapat dijadikan alternatif untuk mencegah berbagai penyakit. Ida menambahkan, konsumsi rebung dapat mengontrol kadar kolesterol hingga menjaga kesehatan . “Rebung mengandung fitosterol atau senyawa yang mirip kolesterol, sehingga menyerapnya. Itu membuat kadar kolesterol menurun,” paparnya.

Sementara itu, untuk menjaga kesehatan jantung, kadar kolesterol yang baik juga dapat berpengaruh untuk kesehatan jantung. “Rebung bagus mengendalikan kadar kolesterol, sehingga juga berpengaruh pada jantung,” ungkap dr Ida.

Tak cukup sampai di situ, rebung bambu kuning disebut-sebut dapat mengobati penyakit hepatitis atau liver. Ahli biokimia di Jerman menuturkan, mengonsumsi rebung bambu kuning dapat memperbaiki sel-sel hati yang rusak karena virus hepatitis. Senyawa penting yang ada dalam rebung bambu kuning yang bersifat hepatoprotektor atau pelindung hati adalah parahidroksi bemsaldehid. Senyawa tersebut merupakan gugus fenol yang terdiri atas gugusan silimarin dan kurkumin. Kedua gugus itulah yang kabarnya bersifat anti racun.

Untuk memperoleh manfaat rebung atau bambu muda, Ida membagikan tips cara mengolah rebung yang benar. “Harus direbus atau direndam semalaman untuk hilangkan getah, bau dan racun dari rebung. Selain itu, gunakan bumbu secukupnya untuk memaksimalkan vitaminnya. Rebung bagus untuk pengganti serat,” tandas dr Ida.

Loading...