Biasa Digunakan untuk Metode Lowry, Berapa Harga Reagen Folin Ciocalteu?

Ilustrasi: cairan kimiaIlustrasi: cairan kimia

Dalam dunia kimia, ada banyak reagen atau pereaksi yang digunakan untuk sebuah . Salah satu yang juga tak ketinggalan digunakan dalam kimia adalah reagent fenol Folin & Ciocalteu. Pereaksi Folin Ciocalteu ini cocok untuk penentuan protein total dengan metode Lowry. Di toko-toko kimia biasanya banyak yang menjual reagen Folin Ciocalteu. Sebagai , untuk repack 100 ml dengan harga Rp 890 ribu, sedangkan Folin Ciocalteu Merck ukuran botol 500 ml mencapai Rp 1,1 jutaan.

“Pereaksi fenol Folin & Ciocalteu tidak mengandung fenol. Sebaliknya, reagen akan bereaksi dengan fenol dan zat pereduksi non-fenolik untuk membentuk kromogen yang dapat dideteksi secara spektrofotometri,” demikian seperti dilansir Labsatu.

Pereaksi fenol Folin & Ciocalteu paling umum digunakan dalam metode Lowry untuk menentukan konsentrasi protein. Dalam metode ini, protein diberi perlakuan awal dengan tembaga dalam pereaksi biuret yang dimodifikasi (larutan tembaga basa distabilkan dengan sodium potassium tartrate). Penambahan reagen fenol menghasilkan kromogen yang memberikan peningkatan absorbansi antara 550-750 nm. Biasanya, absorbansi pada puncak (750 nm) atau bahu (660 nm) digunakan untuk mengukur konsentrasi protein antara 1-100 mg/ml sedangkan absorbansi pada 550 nm digunakan untuk mengukur konsentrasi protein yang lebih tinggi.

Dengan tidak adanya tembaga, intensitas warna ditentukan terutama oleh kandungan tirosin dan triptofan dari protein, dan pada tingkat lebih rendah oleh sistein dan histidin. Tembaga tidak berpengaruh pada pembentukan warna oleh tirosin, triptofan, atau histidin, tetapi mengurangi pembentukan warna karena sistein.

Banyak modifikasi dari prosedur pengujian asli telah dipublikasikan, termasuk metode untuk meningkatkan pengembangan warna, untuk menentukan kandungan protein yang tidak larut, dan untuk mengotomatisasi prosedur. termasuk banyak buffer, agen chelating, detergen, dan organik siklik dapat mengganggu pengujian protein Lowry. Pereaksi fenol Folin & Ciocalteu juga dapat digunakan sebagai pereaksi semprotan dalam prosedur kromatografi.

ini biasanya dijual di toko-toko kimia terdekat. Namun ada juga yang menjualnya secara online. secara online biasanya harus menggunakan ekspedisi khusus yang menerima cairan kimia dan juga reagen umumnya dikemas ulang (repack) menggunakan botol non-kaca supaya tidak pecah di perjalanan.

Loading...