Harga Ratusan Ribu Rupiah, Axolotl Kini Mulai Digemari Sebagai Ikan Hias

Harga Axolotl - www.thestranger.comHarga Axolotl - www.thestranger.com

Mungkin masih belum banyak yang tahu jika ada spesies ikan hias unik bernama axolotl yang kini sedang digemari oleh . Tak seperti ikan pada umumnya, ikan ini memiliki 4 kaki dan juga insang. air yang termasuk salamander ini memang masih belum banyak dipelihara oleh masyarakat. ikan axolotl sendiri memang cukup mahal jika dibandingkan dengan ikan hias air tawar pada umumnya.

Ikan yang juga kerap dijuluki dogfish ini dijual di kisaran harga ratusan ribu rupiah. Misalnya saja untuk jenis axolotl marble harganya Rp 150 ribu, kemudian axolotl albino mulai Rp 175 ribu, axolotl golden Rp 210 ribu, axolotl leucistic Rp 245 ribu, axolotl melanoid Rp 350 ribu, hingga mencapai Rp 400 ribuan untuk jenis axolotl tiger.

Binatang kecil asal Meksiko ini sebenarnya digolongkan sebagai amfibia dan peredarannya di Malang masih belum begitu banyak. Menurut Dani Teguh Wicaksono, salah satu kolektor axolotl asal Malang, untuk mendatangkan axolotl memang bukan hal yang mudah.

“Januari (2016) lalu, ada yang menjualnya. Harganya Rp 150.000 per ekor untuk axolotl anakan yang panjangnya sekitar 3 inci. Saat itu saya membeli 130 ekor. Sebagian dibeli penghobi. Sekarang di rumah tinggal sekitar 80 ekor saja,” katanya, seperti dilansir Tribunnews. Harga axolotl kala itu kabarnya lebih murah dibanding 2-3 tahun sebelumnya yang bisa mencapai Rp 800 ribu per ekor.

Menurutnya, Kota Malang memang cocok digunakan sebagai tempat memelihara axolotl dibanding daerah lain. Pasalnya, axolotl dapat hidup dengan baik di air tawar dingin bersuhu antara 20-22 derajat celsius. Selain Malang, Kota Bandung juga dinilai cocok untuk memelihara axolotl. Apabila di daerah yang cenderung panas, maka axolotl harus memakai tambahan pengatur suhu air.

“Kalau terlampau panas, kulitnya melepuh. Perawatan axolotl juga bisa dibilang tak terlalu susah. Yang penting airnya harus bersih. Dua hari sekali harus diganti. Pakannya bisa menggunakan pelet, cacing, atau ikan kecil,” ujarnya.

Di Malang sendiri ada beberapa jenis axolotl yang beredar, yakni axolotl albino yang berkulit putih dan matanya merah, axolotl golden berwarna kuning, axolotl marble berwarna merah, serta axolotl leucistic berwarna putih dengan warna hitam. Di antara keempat jenis axolotl itu, kabarnya jenis leucistic yang paling disukai. “Warna matanya yang hitam membuatnya lebih hidup. Kalau mata merah, kelihatannya seperti buta,” katanya.

Loading...