Diklaim Cocok untuk Hampir Semua Tanaman, Segini Harga Pupuk Kieserite

Ilustrasi: memupuk tanaman (sumber: freepik)Ilustrasi: memupuk tanaman (sumber: freepik)

Pemberian pada lahan pertanian diketahui sangat bermanfaat untuk membuat menjadi gembur dan pertumbuhan tanaman semakin subur. Di pasaran pun ada banyak pupuk yang berkualitas, salah satunya seperti pupuk kieserite. Pupuk kieserite atau yang nama lainnya magnesium sulfat dijual dengan beragam, tergantung mereknya.

Pupuk kieserite adalah salah satu sumber yang baik untuk unsur hara magnesium dan belerang. Pupuk kieserite banyak dipakai di pertanian hortikultura, yang mana salah satu kelebihan dari pupuk ini adalah cocok untuk hampir semua jenis tanaman dan jenis tanah, bagaimanapun kondisi keasaman tanahnya. Kieserite termasuk pupuk yang terurai dan bereaksi secara cepat, sehingga menjadi pilihan tepat saat unsur hara magnesium dibutuhkan segera.

“Sumber kieserite ada yang dari hasil tambang alam seperti yang di Jerman, atau dari proses pemurnian produksi, seperti yang dari China. Keduanya memiliki kandungan yang sama, yaitu Magnesium Sulfat (MgSO4·H2O). Pupuk Kieserite bisa langsung diaplikasikan ke tanah, dalam bentuk atau dalam bentuk granular, yang cocok untuk penebaran memakai mesin atau dicampur dengan pupuk jenis lain,” demikian seperti dilansir dari Pupukmahkota.

Pupuk kieserite umumkan diaplikasikan sebelum penanaman dan atau selama masa pertumbuhan tanaman. Karena bersifat mudah dan cepat larut, pupuk satu ini diklaim baik untuk memenuhi unsur hara tanaman pada saat puncak. Namun demikian, kieserite tak dapat digunakan sebagai pupuk yang disiramkan (foliar). Kieserite biasanya digunakan sebagai untuk produksi garam epsom yang memang cocok untuk aplikasi siram atau irigasi.

Dosis atau takaran pemakaian pupuk kieserite yang disarankan sekitar 150-300 kg per hektare, tergantung jenis tanaman dan kondisi tanah. Pada beberapa kasus, kebutuhan Mg yang sedikit kadang sudah cukup dipenuhi bersama pupuk majemuk NPK+Mg.

Sebagai informasi, harga pupuk kieserite di pasaran cukup . Misalnya pupuk Meroke Kieserit SoluMag 1 kg dijual dengan harga sekitar Rp10 ribu, kemudian pupuk Kieserite Plus MK-30 per 1 sak (karung) berat 50 kg harganya Rp180 ribu, dan pupuk Kieserite Nutritop 500 gram Rp6.000.

Loading...