Dapat Menyuburkan Tanaman, Harga Pupuk Kohe Kambing Dibanderol Murah

Pupuk Kohe Kambing - www.tokopedia.comPupuk Kohe Kambing - www.tokopedia.com

kandang yang berasal dari kotoran hewan (kohe) , seperti sapi atau kambing diketahui dapat menggemburkan lahan pertanian. Pupuk kohe pun disebut-sebut baik untuk menyuburkan , tak kalah dengan kompos dan pupuk hijau. kohe kambing sendiri cukup murah dan bisa ditemukan di mana saja.

Desa Kulati di Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara misalnya. Mereka berusaha memanfaatkan kekayaan alam dengan cara mengubah kotoran ternak jadi kompos. Kotoran ternak yang diolah jadi pupuk berasal dari sapi dan kambing.

Banyak desa yang memelihara kambing di bawah panggung atau kolong rumah mereka. Kambing tersebut diikat dan kotorannya ditumpuk dengan ranting dan sisa pembakaran atau abu. Dalam beberapa bulan, tumpukan kotoran kambing, abu, beserta ranting itu akan diambil pemiliknya untuk digunakan ketika melakukan penanaman pangan. “Jadi secara alami sudah hancur kotoran bercampur ranting dan abu tadi,” tutur Ketua Komunitas Poassa Nuhada, Nyong Tomia, seperti dilansir Kompas.

Berdasar kebiasaan itu, masyarakat sudah terbiasa untuk menanam apa saja dengan kotoran kambing. “Ini kelakuan turun-temurun dan terbiasa,” imbuhnya. Lantaran kotoran kambing lebih dekat dengan lingkungan warga setempat, muncul asumsi bahwa pupuk dari kohe kambing dapat digunakan untuk semua tanaman yang hendak di tanam. Tetapi, berdasar hasil pengamatan rupanya pemakaian kohe kambing lebih baik untuk tanaman umbi-umbian seperti bawang.

Pupuk kandang ternak besar diketahui kaya akan zat-zat seperti nitrogen dan mineral logam, seperti magnesium, kalium, dan kalsium. utama pupuk kandang adalah memertahankan struktur fisik tanah supaya akar bisa tumbuh secara baik.

Di pasaran harga kohe kambing dijual cukup beragam. Misalnya untuk kohe kambing halus organik Gloria 4 kg dijual dengan harga Rp20 ribu. Kemudian pupuk kohe kambing halus 500 gram harganya Rp3.000, kohe kambing 1 kg Rp5.500, pupuk kohe kambing alami 1 kg Rp7.500, dan untuk pupuk kohe kambing olahan seberat 4,18 kg harganya Rp16.900 per karung. Pupuk satu ini kabarnya baik untuk tanaman hias maupun semua jenis bunga kecuali anggrek.

Loading...