Harga Puluhan Juta Rupiah, Palang Parkir Otomatis Banyak Dipakai di Mall & Perumahan

Palang pintu parkir otomatis (sumber: Pinterest)Palang pintu parkir otomatis (sumber: Pinterest)

Saat ini di mall atau pusat perbelanjaan sudah serba , sehingga terkadang para pengunjung tak perlu repot-repot menunggu sang petugas mencatat nomor secara manual. Cukup tekan tombol, maka akan keluar dan palang pintu pun akan terbuka secara otomatis. Nah, sebenarnya berapa palang parkir otomatis semacam itu?

Palang parkir otomatis dengan sistem RFID ternyata cukup mahal harganya, berkisar mulai Rp 22,95 juta. Kemudian ada juga paket palang parkir otomatis RFID dengan akses CCTV yang dijual seharga Rp 14,5 juta hingga Rp 45 jutaan. Jika ingin yang lebih murah, ada pula auto barrier gate untuk akses perumahan (tanpa access control) yang dibanderol dengan harga Rp 7,5 jutaan saja.

Menariknya, sistem palang pintu otomatis semacam ini ternyata bukan hanya diterapkan di pusat-pusat keramaian seperti mall, tempat hiburan, dan sebagainya. Masyarakat juga banyak yang mengaplikasikannya di perumahan elit sebagai keamanan tambahan.

“Sistem ini sangat mudah dikenali. Karena biasanya di pintu masuk area parkir terdapat mesin kotak disertai tombol dan tempat keluar karcis parkir. Tombol tersebut berguna untuk mengeluarkan karcis sekaligus membuka palang parkir, sehingga pengunjung dapat memasuki area parkir,” demikian seperti dilansir BSSParking.

Nah, dewasa ini sistem palang pintu otomatis juga bisa diterapkan di perumahan-perumahan dengan one gate system untuk kemudian diintegrasikan dengan Iuran Pengelolaan Lingkungan dan Keamanan (IPL). Pihak developer dapat menerapkan ini agar hanya para penghuni rumah yang tertib membayar iuran saja yang bisa masuk ke area perumahan.

“Palang otomatis dengan sistem RFID bisa menjadi salah satu solusi bagi developer yang kesulitan menagih IPL kepada warganya. Tidak hanya menambah keamanan dan kenyamanan hunian bagi warga dengan sistem akses terbatas, namun dengan akses gate palang otomatis RFID juga dapat menjadi media pengingat bagi warga yang belum melakukan pembayaran IPL,” sambungnya.

Saat ini mencari penjual dan jasa palang parkir otomatis pun tak sulit, karena biasanya di kota-kota besar sudah banyak distributor yang sekaligus menyediakan jasa untuk para pelanggan. Namun perlu diketahui bahwa harga palang parkir otomatis di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda.

Loading...