Suplemen Bagi Ibu Hamil, Harga Procalma Berkisar Rp55 Ribuan per Strip

Ibu Hamil Minum Suplemen - www.thetimes.co.ukIbu Hamil Minum Suplemen - www.thetimes.co.uk

Kehamilan menjadi momen yang begitu dinanti-nantikan oleh hampir setiap pasangan yang baru menikah. Tak heran jika kemudian para ibu berjuang untuk menjaga kesehatan, stamina, dan asupan nutrisinya selama masa kehamilan. Selain dengan memenuhinya lewat makanan sehari-hari, asupan juga bisa diperoleh lewat atau suplemen khusus ibu hamil seperti Procalma. Suplemen satu ini tersedia di dengan sekitar Rp55 ribuan per strip isi 10 kapsul.

Procalma sendiri diproduksi oleh PT Meprofarm dan telah terdaftar di BPOM. Tiap kapsul Procalma diklaim mengandung fish oil, EPA/DHA, vitamin E, asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12 yang memiliki untuk memelihara kesehatan ibu hamil dan menyusui.

Meski kini banyak bermunculan produk-produk suplemen kehamilan, studi yang dimuat dalam jurnal Drug and Therapeutics Bulletin menyebutkan bahwa ternyata tidak semua produk multivitamin untuk kehamilan bermanfaat. “Satu-satunya suplemen yang direkomendasikan untuk semua selama kehamilan adalah asam folat dan vitamin D, yang tersedia dengan biaya yang relatif rendah,” kata peneliti, seperti dilansir BBC.

Dalam jurnal tersebut peneliti menyebutkan, asam folat terbukti bermanfaat untuk janin dalam kandungan. Dengan mengonsumsi asam folat 400 ug per hari, calon ibu bisa mencegah kelainan saraf pada janin. Sementara itu, konsumsi vitamin D dengan dosis 10 mg per hari dianjurkan untuk kesehatan tulang pada ibu dan bayi. Sedangkan suplemen yang berbahaya untuk kehamilan adalah vitamin A. Terlalu banyak konsumsi vitamin A kabarnya dapat berbahaya untuk bayi.

“Kami akan mendorong para wanita hamil atau yang tengah mempertimbangkan untuk hamil untuk menyantap makanan sehat dan beragam, termasuk makan buah dan sayuran segar, di samping mengonsumsi suplemen asam folat. Kami juga akan menekankan bahwa tidak ada bagi para wanita hamil untuk makan dua porsi. Ini adalah sebuah mitos, dan semua yang diperlukan adalah yang makanan yang seimbang,” imbuh Janet Fyle, dari Akademi Kebidanan Inggris.

Sementara itu, The Health Food Manufacturers’ Association, yang mewakili industri suplemen makanan menyatakan bahwa sebagian besar wanita berusia subur tak memperoleh nutrisi cukup hanya dengan mengonsumsi makanan sehari-hari. Oleh sebab itu, asosiasi tersebut berpendapat jika konsumsi suplemen bisa membantu menambah asupan nutrisi yang tak diperoleh dari makanan.

Loading...