Harga Luar Biasa Mahal, Private Jet Jadi Pilihan Transportasi Konglomerat Kala Pandemi

Ilustrasi: pesawat jet pribadiIlustrasi: pesawat jet pribadi

Private atau pesawat pribadi selama ini lebih lekat dengan kesan mahal. Maklum saja, harga pesawat yang mahal dan biaya operasional yang juga tidak bisa dikatakan murah menjadikan private jet sebagai yang dimiliki orang-orang kaya saja dari kalangan konglomerat atau selebritis.

Jika penasaran, kita ambil contoh private jet terbaru dan tercanggih seperti Cessna Citation Latitude. Pesawat jet pribadi buatan Amerika Serikat ini harga jualnya mencapai USD18,9 juta atau sekitar Rp265,2 miliar apabila dirupiahkan. Selain harga banderolnya selangit, ongkos operasional Cessna Citation Latitude juga benar-benar menguras kantong. Untuk penerbangan 1 jam saja dengan Cessna Citation Latitude setidaknya butuh biaya minimal Rp37 juta. Belum lagi untuk biaya kru atau pesawatnya butuh ongkos USD128 atau sekitar Rp1,8 juta per jam. Luar biasa bukan?

“Tarif tiket private jet tergantung lama perjalanan dan berapa orang yang diangkut dalam perjalanan itu. Semakin lama dan semakin banyak penumpangnya maka semakin mahal pula biayanya,” demikian seperti dilansir Detik.

Meskipun sangat mahal, private jet rupanya menjadi pilihan bagi para pebisnis atau konglomerat di kala pandemi virus corona (Covid-19) seperti sekarang. Rata-rata pebisnis enggan naik maskapai komersial untuk menghindari kerumunan bersama lainnya.

Di Indonesia sendiri rupanya sudah ada beberapa publik figur yang diketahui memiliki private jet. Misalnya pengusaha sukses Chairul Tanjung yang kabarnya punya 2 pesawat jet pribadi, salah satunya jenis Gulfstream G550 dengan harga Rp400 miliar. Kemudian ada artis cantik Sandra Dewi yang memiliki private jet Bombardier Challenger 605 seharga Rp200 miliaran, dan tak ketinggalan artis Maia Estianty juga punya private jet Embraer Phenom 100 dengan harga USD6,65 juta atau setara Rp93,1 miliar.

Yang belakangan sempat viral adalah pasangan Crazy Rich Malang, Gilang Widya Pramana dan Shandy Purnama Sari pemilik MS Glow yang baru saja membeli pesawat jet pribadi terbaru Cessna Citation Latitude yang harganya lebih dari Rp260 miliar. “Perasaannya klo ditanya? Terharu nangis! Aku 29 tahun dan suami 31 tahun punya private jet. Kita bukan lahir dari keluarga kaya, tapi kita sendiri yang menentukan kita akan seperti apa ketika dewasa nanti,” kata Shandy.

Loading...