Pilih yang Paling Sesuai Kebutuhan, Ini Deretan Printer Laser Warna A3 untuk Percetakan

Printer Laser Warna A3 - www.dutatoner.comPrinter Laser Warna A3 - www.dutatoner.com

Sebagian besar percetakan kini sudah banyak yang menyediakan printer laser, baik monochrome maupun untuk dengan ukuran kertas standar seperti A4 hingga ukuran besar seperti atau kertas A3. Dibandingkan printer laser jet A4, printer laser A3 biasanya relatif lebih mahal.

Saat hendak memilih printer laser warna A3 untuk percetakan, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. “Yang perlu diperhatikan pada printer laser warna sebenarnya bukan hanya harga unitnya yang semakin terjangkau, atau kecepatan cetak dan baki kertasnya. Tetapi juga biaya operasionalnya,” demikian seperti dilansir Kompas.

Kemudian pada sebagian besar printer laser warna, terutama low-end, toner cartridge sudah termasuk toner, komponen imaging, dan penampung sisa toner di dalam tempat tertutup. Meski mungkin terkesan praktis untuk operasional harian, desain seperti itu justru akan merepotkan penggunanya di masa mendatang. Pasalnya jika ada satu bagian yang rusak, maka pengguna harus mengganti semua bagian sekaligus dan biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan pun lebih mahal.

Nah, pada sejumlah printer kelas atas, komponen-komponen tersebut sudah dipisahkan. Misalnya Canon Laser Shot LBP 5970 yang menawarkan drum cartridge EP302 CMYK yang masing-masing berkapasitas cetak 40.000 halaman.

Setidaknya ada beberapa pilihan rekomendasi printer laser warna A3 yang dinilai cocok untuk bisnis percetakan. Misalnya saja printer laser warna Epson L1455 All in One Printer A3 Wifi Duplex seharga Rp10,2 jutaan, kemudian Fuji Xerox Phaser 7100 A3 Colour Laser Printer seharga Rp28 jutaan, Canon LBP-5970 seharga Rp43 jutaan, printer laser OKI C810n seharga Rp23 jutaan, hingga HP Color LaserJet Professional CP5225 seharga Rp21 jutaan.

Bagi yang hendak membuka bisnis percetakan, maka usahakan untuk memilih perangkat printer laser warna A3 yang memang memiliki akurasi warna terbaik. Pastikan kualitas atau konsistensi warna yang dihasilkan memang bagus. Kualitas warna ini pun akan ditentukan oleh toner yang digunakan. Jadi lebih baik gunakan toner dengan yang sama seperti printer, agar akurasi warnanya terjaga dan usia produk pun lebih tahan lama.

Loading...