Bikin Anggrek Lekas Berbunga, Ini Harga Pot Tanah Liat

Tanaman anggrek dalam pot tanah liat (sumber: huntington.org)Tanaman anggrek dalam pot tanah liat (sumber: huntington.org)

JAKARTA menjadi salah satu yang digemari banyak orang. Jika Anda tertarik memelihara ini, memang lebih disarankan untuk menanam di karena anggrek umumnya akan tumbuh lebih besar daripada ditempel di papan atau batang pohon. Tidak sulit menemukan untuk anggrek, termasuk yang terbuat dari , dengan yang relatif terjangkau.

“Konstruksi pot sangat memengaruhi saat memelihara tanaman anggrek agar rajin berbunga,” jelas Firaldi, salah satu petani anggrek di kawasan Cinere, seperti dilansir dari Netral News. “Yang paling ideal pot yang dipakai adalah pot yang terbuat dari liat dan banyak lubangnya. Sepertiga bagian bawah diisi dengan potongan batu bata dan 2/3 sisanya memakai pakis.”

Pria yang akrab disapa Aldi itu menambahkan, agar anggrek rajin berbunga, juga harus diperhatikan penyusunan tanamannya. Sebaiknya, penyusunan rak-rak anggrek diletakkan datar dengan ketinggian 1 meter dan jangan diletakkan berjenjang karena akan mengganggu sirkulasi udara. Selain itu, anggrek juga membutuhkan kelembapan udara antara 60 persen hingga 80 persen.

“Jika cuaca panas, diperlukan penyiraman dua kali dan jika cuaca hujan, tidak perlu melalukan penyiraman,” sambung Aldi. “Sementara, untuk pemupukan, diusahakan pupuk dengan kandungan unsur hara P yang tinggi. Pemupukan bisa diberikan melalui penyemprotan atau penyiraman, bisa juga menggunakan pupuk slow rilis yang ditaburkan pada media tanam anggrek.”

Nah, jika Anda juga tertarik memelihara tanaman anggrek, tidak sulit mendapatkan pot tanah liat sebagai media tanam bunga tersebut. Di dalam negeri, pot tanah liat untuk anggrek ini rata-rata dengan harga mulai Rp10 ribu sampai Rp25 ribuan per buah. Bahkan, ada yang menjualnya dengan harga cuma Rp6.500 untuk ukuran mini.

“Sesungguhnya pot khusus (banyak lubang) itu tidak begitu diperlukan. Pot biasa juga mampu menumbuhkan anggrek yang cantik,” tulis CNN Indonesia. “Pilih pot berukuran 1-2 inci lebih besar dari pot yang biasa digunakan. Tunggu anggrek mekar untuk mencangkoknya. Cangkok saat akar baru muncul dan belum tumbuh lebih dari 0,5 inci.”

Loading...