Harga Jual per Kilo Tinggi, Permintaan Ekspor Porang Hingga 2020 Masih Tinggi

Tanaman Porang - radarntt.coTanaman Porang - radarntt.co

porang saat ini mulai banyak dibudidayakan oleh di berbagai yang ada di Indonesia. Mengapa? Rupanya di balik tampilannya yang mungkin terlihat kurang indah ini, umbi porang memiliki jual yang cukup tinggi, apalagi jika diekspor ke -negara seperti Jepang atau Tiongkok. Porang biasanya diekspor untuk bahan baku tepung. Tak heran jika porang per 1 kilo hingga tahun 2020 ini masih relatif mahal.

Menurut seorang petani asal Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri bernama Sugino, tanaman porang beberapa tahun belakangan ini mulai lantaran harga jualnya yang tergolong tinggi. “Harga porang panen basah sekitar Rp10.000-13.000 per kilogram. Kalau sudah dirajang dan dikeringkan menjadi chip porang, harganya bisa sampai Rp55.000-65.000 per kilogram,” ujar Sugino, seperti dilansir Suaramerdekasolo.

Umbi-umbi porang itu kemudian dijual ke pembuatan tepung porang di daerah Jawa Timur. “Tepung porang diekspor ke Jepang. Kabarnya, harga tepung porang bisa mencapai Rp200.000-300.000 per kilogram,” beber Sugino.

Yang lebih luar biasa lagi, tepung yang hanya mengandung glukomanan porang kabarnya bisa laku terjual hingga Rp1,2 juta per kg. Biasanya di Jepang tepung porang akan diolah jadi ramen atau mi di negara maju itu. Namun sayang, petani Indonesia mayoritas belum mampu membuat tepung porang. “Petani baru sampai tahap membuat chip porang,” jelasnya.

Tak hanya dalam bentuk tepung, sejumlah pedagang mengekspor tepung porang dalam bentuk chip porang dan dikirim ke China. “Permintaannya sangat tinggi. Permintaan dari pabrik saja bisa sampai 1.000 ton per bulan. Jadi masih sangat kekurangan,” ungkap Sugino.

Di situs jual-beli online, bibit tanaman porang biasanya dijual dengan harga antara Rp75 ribu hingga Rp200 ribu per kilo. Porang sendiri sebenarnya mempunyai habitat asli di hutan atau tegalan sawah di bawah tegakan pepohonan. Tetapi para petani mulai banyak yang membudidayakan umbi porang secara intensif di lahan terbuka.

Menurut informasi yang beredar, tanaman porang dapat mulai dipanen saat memasuki umur 1-2 tahun atau ketika umbi porang sudah lebih dari 8 ons per butir. Tanaman porang yang sudah berusia 3-4 tahun akan berbunga, sementara itu umbinya dapat mencapai bobot 2-3 kg per butir.

Loading...