Ukuran Beragam, Segini Harga Polycarbonate per M2

Lembaran polycarbonate (sumber: stabiliteuropa.com)Lembaran polycarbonate (sumber: stabiliteuropa.com)

Pencahayaan dalam termasuk aspek yang sangat penting untuk dipenuhi. Selain berasal dari lampu, penerangan yang hemat energi juga bisa diperoleh dari cahaya matahari. Pencahayaan di atau lain menggunakan skylight pun kini bukan lagi hal asing. Banyak pemilik hunian yang memanfaatkan sebagai atap skylight supaya tetap ada cahaya yang masuk. umumnya per meter persegi (m2) atau per roll dengan yang variatif, tergantung mereknya.

Menurut Arsitek Sigit Kusumawijaya, pemakaian skylight sebaiknya disesuaikan dengan kondisi rumah atau bangunan. Jika rumah ada di wilayah yang memungkinkan untuk memperoleh cahaya alami melalui jendela lebar, maka skylight tidak begitu dibutuhkan. Sebaliknya, jika rumah ada di wilayah yang kurang mendukung untuk membuat jendela lebar, solusinya dengan memasang skylight. “Kalau sudah ada skylight, tidak perlu lagi menghadirkan jendela lebar karena membuat cahaya terlalu banyak masuk,” kata Sigit, seperti dilansir Tempo.

Lebih lanjut Sigit memaparkan, material skylight dapat memanfaatkan polycarbonate atau kaca tempered (tempered glass). Namun, menurutnya skylight lebih baik memakai kaca tempered dengan ketebalan 8-10 mm supaya tidak mudah pecah. Walaupun di Indonesia tidak ada salju, kaca dengan ketebalan tersebut dinilai mampu mengantisipasi kemungkinan lain seperti hujan es.

Namun seperti diketahui, harga tempered glass memang relatif lebih mahal dibandingkan polycarbonate. Di harga polycarbonate per m2 berkisar mulai ratusan ribu . Misalnya saja untuk merek Solartuff Solid atau Solarflat tebal 1,2 mm dijual dengan harga mulai Rp165 ribu per meter, kemudian Twinlite Greca original 6 mm harganya Rp177.500 per meter, Alderon 830 10 mm harganya Rp140 ribu sampai Rp175 ribu per meter, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk harga per roll mencapai jutaan rupiah, seperti merk Solarlite 5 mm Rp2,5 juta, Solite 4 mm Rp1,67 juta, S-Lite 5 mm Rp2,66 juta.

Adapun untuk ukuran skylight tidak ada ukuran tertentu, hanya harus disesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan dalam rumah. “Bisa dibuat juga skylight dengan bentuk kecil-kecil sehingga cahaya yang masuk tidak terlalu banyak,” katanya.

Loading...