Cocok untuk Tanaman Peneduh, Segini Harga Pohon Kiara Payung di Pasaran

Pohon Kiara Payung - www.jurnalasia.comPohon Kiara Payung - www.jurnalasia.com

yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh ada begitu banyak macamnya. Salah satu yang cukup adalah kiara payung atau yang kerap disebut kerai payung. Tumbuhan dengan nama ilmiah Fellicium decipiens ini merupakan tropis dari Afrika Timur dan India Selatan. Di Indonesia, kiara payung dijual dengan harga .

Adapun harga bibit tanaman kiara payung berkisar mulai Rp50 ribuan, sedangkan untuk tanaman yang sudah tumbuh menjadi pohon harganya lebih mahal, yakni antara Rp195 ribuan sampai Rp1,5 jutaan untuk pohon yang berukuran . Harga pohon kiara payung di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Pohon yang oleh orang luar negeri disebut Japanese Fern Tree ini memang banyak digunakan sebagai peneduh di halaman rumah. Pohon yang rindang ini konon dapat tumbuh hingga setinggi 11 meter. Akan tetapi, yang banyak kita temui di jalanan biasanya hanya memiliki tinggi antara 4-8 meter.

“Pertumbuhan daun dari pohon kiara payung berbentuk bulat dan simetris secara otomatis tanpa perlu pemangkasan seperti tanaman pagar teh-tehan. Sangat indah dari aspek estetika, sehingga desainer lanskap taman merekomendasikan pohon kiara payung sebagai pohon peneduh di beberapa hotel,” demikian seperti dilansir dari Trubus.

Di Indonesia, pohon kiara payung banyak ditemukan di pinggir jalan, halaman kantor, dan sebagai pohon peneduh, peredam kebisingan, dan pemecah angin. Bentuk tanaman ini begitu menarik dengan daun yang rimbun, sehingga mempunyai estetika untuk ditanam di taman, halaman rumah, maupun sebagai pagar alam. Daya transpirasi tanaman ini pun kabarnya rendah, sehingga baik ditanam pada ruang terbuka hijau dan di dekat sumber air.

Tanaman kiara payung disebut-sebut mempunyai daya reduksi yang tinggi terhadap timbal yang merupakan emisi dari kendaraan bermotor, sehingga bermanfaat untuk digunakan sebagai pohon penyerap polusi. Di samping itu, tanaman kiara payung juga dapat dimanfaatkan sebagai bakar karena banyak cabang yang bisa dibuat arang. Tanaman ini pun dijuluki ki sabun lantaran seluruh bagian tubuhnya mengandung saponin atau zat yang jadi salah satu bahan baku pembuatan sabun.

Loading...