Oke untuk Tanaman Hias, Segini Harga Pohon Ketapang Kencana Putih

Pohon Ketapang Kencana Putih - www.grosirbibittanaman.co.id

BANJARMASIN – ketapang kencana bisa menjadi salah satu tanaman yang pantas dilirik untuk mempercantik Anda. Selain nyaman ketika digunakan untuk berteduh dan sebagai penyejuk, ketapang memang bisa tampil oke berkat daunnya yang berwarna putih. Jika bibitnya cuma sekitar puluhan ribu rupiah, maka pohon ketapang yang sudah tumbuh dengan mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per pohon.

Dilansir dari Tribun Kalsel, pohon ketapang berbentuk oval dengan panjang bisa mencapai hingga 38 cm dan lebar 19 cm untuk pohon dewasa. Jarak antara dalam satu ranting juga sangat rapat, sehingga sinar matahari sulit menembus dan akhirnya nyaman digunakan sebagai tempat berteduh. Selain itu, lingkungan di sekitar tanaman juga akan menjadi lebih sejuk.

Khusus untuk pohon ketapang kencana putih, yang membedakan dengan pohon ketapang kencana umumnya adalah daun berwarna putih ketika sudah dewasa. Disebut juga ketapang kencana varigata, pohon ini memiliki batang berbentuk tegak dan lurus, dengan cabang kecil (3/4 lingkaran) menyerupai payung serta tumbuh tidak beraturan, serta daun berukuran kecil dengan tekstur lembut dan tersusun rapat.

Pertumbuhan ketapang kencana sendiri terbilang cukup cepat. Setelah ditanam, dua atau tiga tahun kemudian, pohon sudah membesar dengan ketinggian mencapai 10 hingga 15 meter. Karena itu, jika tanaman tersebut diletakkan di tepi jalan atau kawasan perumahan, maka sang pemilik harus rajin memangkas agar tidak mengganggu lingkungan sekitar, termasuk kabel telepon atau listrik.

Sayangnya, ada kabar tidak mengenakkan mengenai pohon ketapang kencana. Menurut seorang praktisi supranatural di Banjarmasin, Muhammad Khairuddin, pohon ketapang adalah salah satu pohon yang disukai oleh makhluk halus, termasuk kuntilanak. “Kuntilanak suka dengan rimbunnya ketapang dan dahannya yang kuat. Sehingga, suka bertengger di dahan, bahkan dijadikan hunian,” kata Bang Muhammad.

Terlepas dari cerita mistis tersebut, pohon ketapang kencana putih tentu menjadi salah satu pilihan menarik jika Anda hendak menghias taman atau pekarangan di Anda. Apabila ingin , bisa membeli bibit pohon ketapang putih dengan harga mulai Rp50 ribu sampai Rp100 ribuan. Sementara, jika sudah menjadi pohon, harganya bisa melambung mulai Rp400 ribuan hingga Rp3,8 jutaan per pohon.

Loading...