Lebih Awet & Tak Mudah Lapuk, Berapa Harga Plywood Tahan Air?

Ilustrasi : Plywood Tahan Air - intimakmur.id

atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan kayu lapis/ adalah kayu yang disusun secara berlapis melalui proses perekatan dengan tekanan tinggi, sehingga menghasilkan papan kayu dengan ketebalan tertentu. Karena dasarnya adalah kayu, tentunya plywood mewarisi beberapa sifat dasar dari tersebut, termasuk rentan lapuk jika terkena terus-menerus. Lantas, adakah plywood yang tahan ? Berapa harga plywood tahan ?

“Selain jati, kayu plywood juga bisa menjadi pilihan untuk lemari, meja, kursi, dan ranjang. Tekstur permukaan plywood halus dan memiliki kerapatan yang kuat membuatnya tahan terhadap air. Plywood umumnya dilapisi kulit kayu jati, kayu sungkai, dan kulit nyatoh,” demikian seperti dilansir Liputan6. Supaya lebih sempurna, plywood juga kerap diberi cat pelapis khusus agar lebih tahan air.

Setidaknya ada beberapa jenis plywood yang diklaim tahan air. Pertama ada plywood WPC (Wood Plastic Composite) yang merupakan panel dengan daya tahan tinggi terhadap benturan serta daya tahan yang baik terhadap air dan mudah untuk proses finishing. WPC bisa digunakan sebagai material furnitur di area kamar mandi. WPC tersedia dalam beberapa ukuran, mulai dari 5 mm dengan harga sekitar Rp259.200, 8 mm Rp353.700, 12 mm seharga Rp522.450, 15 mm Rp627.300, dan 18 mm Rp709.200.

Kemudian ada HMR (High Moisture Resistant) Plywood yang juga memiliki daya tahan yang baik terhadap air. Meski demikian, material ini sebaiknya tidak dipakai sebagai yang bersentuhan langsung dengan air. HMR plywood lebih cocok dimanfaatkan untuk material kitchen set, rak dapur, atau furnitur di ruangan dapur. Harga HMR plywood tebal 2 mm mulai Rp50 ribu, 6 mm Rp150 ribu, 9 mm Rp225 ribu, 12 mm Rp300 ribu, 15 mm Rp375 ribu, dan 18 mm harganya Rp450 ribu.

Alternatif plywood tahan air berikutnya adalah High MDF Composite Plywood (HMCP). HMCP merupakan plywood siap pakai untuk secondary processing agar lebih tahan air dan tingkat kerataan yang mempermudah dalam proses finishing. HMCP bisa diaplikasikan sebagai material untuk kitchen set dan pantry, serta biasa dipakai untuk desain CNC atau router. Harga HMCP ukuran 15 mm Rp300 ribu dan ukuran 18 mm harganya dijual Rp360 ribu.

Loading...