Berukuran Besar, Segini Harga Plastik Sampah Hitam 60×100

Plastik sampah hitam 60x100 - www.tokopedia.com

JAKARTA – Untuk membuang sampah ke pembuangan terakhir, terutama jika jumlahnya sudah banyak, biasanya masyarakat memanfaatkan kantong plastik. Umumnya berwarna hitam, kantong plastik ini tersedia dalam beragam ukuran, termasuk 60 x 100 cm, yang relatif besar. Di sendiri, harga wadah tersebut bisa dikatakan sangat terjangkau.

Salah satu pedagang misalnya, menawarkan kantong plastik 60 x 100 cm ketebalan 50-60 micron dengan harga hanya Rp17.750 per pack berisi 12 lembar. Sementara, pedagang yang lain menjualnya dengan harga Rp21 ribuan. Ada pula dengan kualitas sedikit di bawahnya dengan harga yang lebih murah, yakni Rp8 ribu hingga Rp12 ribuan per pack. Jika membeli eceran, harganya mulai Rp850 per kantong.

Selain sebagai tempat sampah, kantong plastik ternyata memiliki banyak lainnya. Anda bisa memakainya untuk membungkus benda-benda yang sudah tidak terpakai namun masih layak simpan. Selain itu, juga bisa digunakan sewaktu-waktu untuk melindungi barang bawaan saat hujan ketika berkendara dengan , hingga dijadikan pembatas untuk gelas dan piring guna memberikan perlindungan tanpa meninggalkan noda pada barang pecah belah.

Meski punya banyak kegunaan, masyarakat diimbau untuk tetap bijak dalam menggunakan kantong plastik. Pasalnya, Indonesia dikatakan sudah memasuki status darurat sampah plastik. Sulit terurai, sampah plastik ini menjadi salah satu penyebab pencemaran , terlebih ketika sudah terbuang di sungai atau laut.

“Limbah plastik di Indonesia seharusnya memiliki nilai yang tinggi karena bisa didaur ulang berkali-kali,” papar Kedua Bidang Olefin The Indonesian Olefin and Plastic Industry Association (INAPLAS), Edi Rivai, dilansir Antara. “Namun, selama ini terkendala pada pengelolaannya. Seharusnya, jumlah daur ulang di Indonesia cukup banyak untuk menampung limbah plastik.”

Ia pun meminta , termasuk daerah, untuk lebih tegas lagi dalam mengeluarkan pengolahan sampah, terutama untuk memilah sampah plastik, kaca, kertas, dan organik, Sepanjang hal itu belum dapat dilaksanakan, menurutnya akan banyak limbah plastik yang terbuang di TPA atau tempat-tempat lain, termasuk mencemari laut.

Loading...