Banyak Dipakai untuk Membuat Kue, Harga Pisang Kepok 1 Tandan Rp100 Ribuan

Harga Pisang Kepok - mommyasia.idHarga Pisang Kepok - mommyasia.id

pisang yang diperjual-belikan di ada banyak macamnya, mulai dari pisang raja, pisang kepok, pisang ambon, pisang susu, tanduk, mas, agung, hingga pisang uli. Dari sekian jenis tersebut, pisang kepok termasuk pisang yang cukup laris. Pisang yang kerap satu sisir atau 1 tandan dengan relatif terjangkau ini biasanya kerap diolah menjadi berbagai jajanan seperti pisang goreng hingga keripik pisang.

“Saya selalu membeli pisang hingga ke desa-desa di seluruh Kabupaten Sikka. Biasanya satu tandan dibeli seharga Rp25 ribu sampai Rp30 ribu,” kata Heribertus Sani, warga asal Maumere, seperti dilansir Cendananews.

Lebih lanjut Heri mengungkapkan, pisang kepok yang ia beli di desa kemudian dijual lagi ke pengumpul. Satu tandan pisang kepok dijual dengan harga Rp35 ribu hingga Rp40 ribu. “ pengumpul biasanya membawa ke Surabaya atau Denpasar menggunakan kapal ferry dari Ende. Kalau dulu di Maumere masih ada kapal roro sehingga lebih mudah,” paparnya.

Menurutnya, harga pisang kepok di Surabaya dan Denpasar dapat dibanderol berkali-kali lipat lebih mahal hingga Rp150 ribu sampai Rp200 ribu per tandan. Biasanya dalam satu bulan dilakukan pengiriman sebanyak 2 kali, menyesuaikan jadwal kapal roro. “Sekali berangkat biasanya minimal 10 truk berukuran besar. Terkadang juga pisang tersebut diambil di beberapa kabupaten tetangga seperti Flores Timur dan Ende,” tutur Heri.

Pisang kepok yang dibeli dari desa-desa diangkut menggunakan truk kayu, kemudian disusun ke truk berukuran besar sehari sebelumnya keberangkatan kapal roro. Umumnya satu truk besar dapat mengangkut ribuan tandan buah pisang yang masih setengah matang.

“Kami beli pisang yang masih mentah dan sudah tua agar setelah tiba di Surabaya atau Denpasar sudah matang. Keuntungan penjualan pisang kepok juga tergolong lumayan sehingga sudah banyak yang datang ke desa-desa,” beber Heri.

Tak hanya dijual di pasar-pasar atau offline saja, pisang kepok pun kini banyak dijual secara online melalui sejumlah situs e-commerce. Adapun harga pisang kepok 1 tandan di pasaran online kini berkisar antara Rp105 ribu hingga Rp115 ribu seberat 4 kilogram (kg).

Loading...