Penting untuk Hidroponik atau Aquarium, Segini Harga pH Meter Digital Hanna

pH Meter Digital Hanna - www.hargaphmeter.compH Meter Digital Hanna - www.hargaphmeter.com

Dalam dunia pertanian seperti hidroponik atau dalam aquarium, pengukuran pH pada dasarnya tak boleh diabaikan. Dengan memahami potential of hydrogen (pH) yang tepat, tentunya kita akan bisa menentukan kondisi tanah atau yang sesuai untuk tanaman atau ikan yang kita pelihara. Kondisi pH bisa diketahui secara mudah dengan menggunakan alat pH meter yang spesifikasi-nya cukup canggih seperti merek Hanna. Harga pH meter Hanna berkisar di angka ratusan ribu rupiah.

“Dalam berbudidaya, pemahaman akan kondisi pH tanah di area pertanian yang diusahakan merupakan faktor penting yang mesti diketahui . Sebab, hal itu terkait dengan proses penyerapan unsur hara oleh tanaman sekaligus daya dukung bagi organisme dalam tanah untuk hidup serta guna mendukung kesuburan tanah,” kata praktisi pertanian, Dedi Setiadi di Abung Selatan, seperti dilansir Lampost.

Dedi menjelaskan, pH normal atau ideal untuk tumbuh tanaman berkisar di angka 5,5 hingga 7. “Dampak kalau tanah terlalu asam atau pH-nya rendah dan tanah terlalu basa atau pH-nya tinggi, maka pertumbuhan tanaman yang diusahakan di areal pertanian akan terganggu,” ucapnya.

Jika pH tanah terlalu rendah, selain menghambat pertumbuhan juga mengakibatkan tanaman rawan terserang penyakit seperti jamur dan akan lebih gampang busuk. Demikian pula tanaman yang tumbuh di tanah yang pH-nya terlalu tinggi. “Untuk menetralkan kadar pH pada tanah terlalu asam, mesti ditabur dengan kapur pertanian atau dolomit dan tanah terlalu basa ditabur belerang,” paparnya.

Cara untuk mengetahui kadar pH bisa memanfaatkan alat ukur seperti pH meter atau memakai kertas lakmus. “Saat ini, banyak petani yang belum memiliki alat tersebut dan karena minimnya pengetahuan tentang pentingnya mengetahui pH tanah. Sebab, bila pH tanah tidak ideal, pemberian pupuk tidak akan efektif dan tidak efisien karena unsur hara tidak diserap tanaman. Tanaman yang tumbuh tidak akan normal dengan produktivitas hasil panen rendah,” bebernya.

Harga pH tester digital Hanna di pasaran sendiri berkisar antara Rp775 ribu hingga Rp900 ribuan untuk seri HI98107. Sedangkan seri HI 98108 pHep + pH harga jualnya lebih mahal, mencapai Rp1.149.000 per unit.

Loading...