Harga per Meter Mulai Rp 29 Ribuan, Kain Rasfur Kerap Dipakai Bahan Pembuatan Boneka

Kain Rasfur - www.bukalapak.comKain Rasfur - www.bukalapak.com

kerajinan tangan di Indonesia sebenarnya cukup berkembang. Banyak orang-orang kreatif yang berhasil meraup kesuksesan dengan memanfaatkan ide dan -bahan yang ada di sekitarnya. Demikian pula dengan seorang pria asal Blitar yang berhasil meraup hingga puluhan juta hanya dari berjualan karpet karakter dan kasur boneka dari bahan kain rasfur.

Pria bernama Peng’i Hadiwidiyantoro mengaku telah merintis usahanya ini dari tahun 2013 setelah resign dari sebuah perusahaan swasta di Surabaya. Selain boneka dan karpet karakter, Peng’i juga memproduksi sajadah, guling, bantal, dan keset karakter yang semuanya menggunakan bahan kain rasfur.

“Awalnya saya reseller mengambil barang di Bandung. Tapi kemudian kena tipu, sudah transfer tapi barang tidak dikirim. Akhirnya, karena ini menjanjikan dan tinggi, saya beranikan buat sendiri dengan modal Rp 5 juta. Butuh proses setahun agar kualitas produksi ini bagus. Usaha karpet karakter dan kasur boneka ini masih satu-satunya di Jawa Timur,” ujar Peng’i, seperti dilansir Jatimtimes.

karpet karakter buatannya berlaku per paket, yakni fullset yang terdiri dari 5 bantal kotak, 2 bantal kaki, 2 guling, dan 1 keset dibanderol Rp 800 ribu. Sedangkan untuk 1 set dijual seharga Rp 600 ribu. Kemudian untuk kasur boneka harganya dipatok berdasar , mulai Rp 465 ribu hingga Rp 675 ribu. Dalam sebulan, ia dapat meraup keuntungan hingga Rp 50 juta.

“Penjualan lewat media online ini saya lakukan sejak awal merintis. Karena gini, seperti ini susah dijual di Blitar. Kebanyakan orang luar Blitar yang suka. Jadi mau tidak mau kita harus cerdas menggunakan internet untuk pemasaran,” sambung Peng’i.

Jenis kain rasfur yang digunakan oleh Peng’i memang umum digunakan sebagai bahan baku pembuatan boneka. Kain rasfur ciri-cirinya memiliki bulu yang lembut dan halus. Panjang bulu kain rasfur berkisar antara 5-20 mm. Biasanya jika semakin panjang bulunya, maka semakin mahal pula harganya. Kain rasfur umumnya dijual per meter atau per roll. Adapun harga kain rasfur per meter sekitar Rp 29 ribuan hingga Rp 41 ribuan di , tergantung tebal dan panjang bulu kain rasfur itu sendiri.

Loading...