Harga per Meter Lebih Murah, Kayu Laban Kerap Dijadikan Alternatif Jati

Kayu Laban - velascoindonesia.comKayu Laban - velascoindonesia.com

Kalapapa atau laban merupakan salah satu jenis yang banyak tersedia di Indonesia. laban tidak kalah dengan jenis-jenis lainnya seperti kelapa, bengkirai, mahoni, balau, maupun jati. Selain biasa digunakan sebagai bakar, kayu laban juga kerap dipakai sebagai baku maupun bahan karena memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang cukup baik. Dari segi , kayu laban per meter juga lebih terjangkau dibandingkan kayu jati.

Oleh sebab itu saat ini sudah banyak orang yang menggunakan kayu laban sebagai alternatif pengganti kayu jati. Kayu yang banyak terdapat di Sumatera hingga Papua tersebut kerap dimanfaatkan sebagai kusen, pintu, mebel, hingga kerajinan tangan. Kayu laban termasuk kayu yang tahan rayap, busuk, atau bubuk. Selain itu, kayu satu ini juga dikenal memiliki serat yang indah.

Harga kayu laban 3 atau 4 cm dengan panjang 2 meter dijual sekitar Rp 6 ribuan per batang untuk klasifikasi kelas super (kecil/rusuk). Sedangkan harga per meter kubik untuk 14 x 20 x 300 cm Rp 3 juta, 14 x 20 x 350 cm harganya Rp 3,5 juta/m3, 14 x 20 x 400 Rp 4 juta per meter kubik, 14 x 20 x 500 Rp 5 juta/m3, 16 x 12 x 150 sampai 200 cm Rp 2,5 juta/m3, dan 12 x 12 x 150 sampai 200 cm Rp 2,3 juta per meter kubik.

Di daerah Cilacap sendiri kayu laban justru digunakan sebagai bahan tulangan kapal. Pasalnya bagian tulangan kapal harus menggunakan kayu yang keras dan ulet. “Harus dengan kayu laban. Kalau kayu jati bisa pecah. Tapi jati pun biasa dipakai di Pantura. Karena di sana tersedia jati berumur tua,” kata kepala tukang, Agus Rusmanto, seperti dilansir Liputan 6.

Dalam setahun, Agus bersama rekan-rekannya dapat menggarap 3 kapal ukuran besar. Selain mengerjakan pembuatan kapal, mereka juga menerima pesanan perbaikan atau renovasi kapal. Tiap kapal setidaknya membutuhkan antara Rp 7-9 miliar dan para pekerja bisa mendapatkan bonus di luar gaji harian sebesar Rp 3-6 juta per orang, tergantung jabatannya.

Loading...