Harga per Meter Lebih Murah, Kayu Glugu Banyak Dijadikan Bahan Bangunan

Kayu Glugu - www.pengawetkayu.comKayu Glugu - www.pengawetkayu.com

Kayu batang kelapa atau yang kerap disebut dengan istilah kayu glugu kini tampaknya mulai naik daun. Banyak mulai melirik kayu glugu sebagai konstruksi atau bahan furnitur lantaran harga kayu keras lainnya dinilai sudah terlalu mahal. Kayu yang memiliki nama latin Cocos Nucifera tersebut biasanya per meter dengan harga di kisaran Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Ada juga yang membelinya per batang atau dalam yang sudah dipotong menjadi balok maupun papan dengan tertentu.

Menurut Narjo, salah seorang tukang bangunan asal Kabupaten Indramayu mengatakan jika bahan bangunan dari kayu glugu menjadi alternatif masyarakat lantaran harga kayu hutan semakin mahal. Kayu glugu gelodongan atau log bulat (masih ada ) dijual dengan harga Rp 160 ribu per meter, sedangkan log glugu yang sudah dikupas kulitnya harganya Rp 240 ribu per meter. “Kayu kelapa semakin diminati masyarakat karena harganya lebih murah dan relatif kuat serta tahan lama untuk dijadikan bahan bangunan,” kata Narjo, seperti dilansir Radar Cirebon.

Lebih lanjut Narjo mengatakan jika penggunaan kayu kelapa sebagai konstruksi bangunan ternyata telah berlangsung sejak dulu. Pasalnya kayu glugu memiliki dan daya tahan yang cukup baik. Terlebih karena ketersediaan kayu glugu pun cukup melimpah. “Rupanya banyak orang sudah mulai berpikir balik ke masa lalu. Pingin sesuatu yang alami, murah dan berkualitas. Kayu kelapa akhirnya jadi pilihan,” ujarnya.

Namun kata Narjo penjual kayu glugu berkualitas di Kabupaten Indramayu ternyata hampir tidak ada. Pemakaian kayu glugu kurang disarankan karena kualitasnya yang kurang baik. Oleh sebab itu pembeli biasanya harus memesan terlebih dahulu ke pedagang yang ada di Jawa Tengah atau Sumatera.

Salah satu pengguna kayu glugu, Unang mengatakan jika kayu kelapa lebih baik dibandingkan kayu rimba yang tak tahan lama dan harganya mahal. “Rumah yang sedang saya bangun sekarang semuanya menggunakan kayu kelapa dari pohon yang sudah tua. Saya sengaja memilih kayu kelapa dari Sumatera yang kualitasnya super. Yang sudah tua bisa bertahan puluhan tahun,” ungkapnya.

Pohon kelapa yang dipakai sebagai bahan bangunan umumnya yang sudah berumur 60 tahun ke atas. Jika semakin tua, biasanya pohon kelapa sudah tak berbuah lagi dan banyak ditebang untuk diganti dengan bibit pohon kelapa yang baru. Saat ini penjual kayu glugu pun tersebar di berbagai wilayah seperti Sidoarjo, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, hingga Sulawesi.

Loading...