Harga Per Lembar Murah, Kertas Kalkir Bisa Disulap Jadi Seni Pergamano yang Indah

Kertas Kalkir - www.tokopedia.comKertas Kalkir - www.tokopedia.com

Orang-orang yang bekerja di bidang pasti sudah tak asing lagi dengan kalkir. kalkir adalah tembus pandang yang banyak dipakai untuk merancang desain atau . Biasanya ini juga kerap dipakai arsitek untuk bagian terakhir dari penyelesaian desain rumah atau , hingga dipakai untuk pemfilman. Harga kertas kalkir per lembar juga relatif murah, terpaut sedikit lebih dibanding kertas HVS.

Harga kertas kalkir per lembar A4 berkisar antara Rp 800 – Rp 1.200, folio (F4) Rp 1.000 – Rp 2.000, A3 Rp 1.700 – Rp 2.500, A2 mulai Rp 7.000, dan sebagainya. Selain dijual secara eceran, kertas kalkir juga biasanya dijual per meter, terutama bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia teknik. Harga kertas kalkir 1 roll isi 50 meter biasanya mencapai Rp 110 ribuan. Kemudian ada juga yang menjual kertas kalkir per pack dengan harga berkisar Rp 45-75 ribuan, tergantung ukurannya.

Selain digunakan untuk desain, kertas kalkir juga banyak digunakan untuk membuat sebuah seni yang dinamakan pergamano. Bentuk pergamano sendiri mirip kertas undangan yang mempunyai ukiran renda dengan pola cembung maupun cekung. Seni yang juga disebut parchment craft ini mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1997 silam. Walaupun seni ini cukup rumit, nyatanya pergamano memiliki banyak penggemar di Indonesia. “Saya tertarik karena keindahan dan keunikan kertas ini,” kata Marina Wiyadharma, penggemar pergamano di Indonesia, seperti dilansir Kompas.

Berbekal pelatihan pergamano langsung dari negara asalnya, Belanda, Marina berhasil membuka kursus singkat yang saat ini diikuti sekitar 200 orang. Untuk mengikuti kursus pergamano biayanya berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan . Kertas kalkir yang digunakan juga tak boleh sembarangan. Menurut Marina, kertas kalkir yang baik untuk dijadikan pergamano adalah kertas putih yang tak berubah warna jadi kekuningan bila terkena sinar matahari. “Beberapa kertas ada yang berubah warna. Jika itu yang terjadi, maka hasil pergamano tidak akan sempurna,” ujarnya.

Mencari kertas kalkir pun tidak sulit, pasalnya sudah banyak buku yang menjual kertas kalkir secara grosir maupun eceran seperti Gramedia, dan -toko ATK lainnya. Bahkan kini juga sudah banyak yang menjual kertas kalkir secara online dengan harga yang bersaing.

Loading...