Harga Per Kilo Rp 20 Ribu, Perajin Gula Aren Di Buluh Awar Raup Omzet Belasan Juta Rupiah

Gula Aren - kemala-ria.blogspot.co.idGula Aren - kemala-ria.blogspot.co.id

Siapa sangka jika berbisnis aren rupanya bisa mendatangkan keuntungan mencapai jutaan per bulannya? Dengan harga gula aren per kilo mencapai Rp 20 ribu, perajin gula aren di Desa Buluh Awar, Sibolangit, Deliserdang ternyata dapat meraup omzet hingga Rp 10 jutaan setiap bulan.

Keuntungan tersebut tidak didapatkan secara instan, melainkan melalui pendampingan secara terus menerus. Tani Berkat yang ada di Desa Buluh Awar berhasil membudidayakan tanaman aren serta membangun gula untuk dijadikan tempat pengolahan aren. “Satu kilo gula merah harganya Rp 20 ribu, sedangkan satu kilogram gula kelapa dan semut Rp 40 ribu. Omzet dalam sebulan mencapai Rp 10 jutaan. Apalagi pendapatan setiap pekan sekitar Rp 3 jutaan. Jadi memang potensial untuk dikembangkan,” kata Robert Bukit, salah satu perajin gula aren di sana, seperti dilansir Tribunnews.

Kelompok Tani Berkat Desa Buluh Awar kabarnya memperoleh bantuan dari Perindustrian Republik Indonesia untuk mengembangkan usaha gula aren, gula semut, dan gula kelapa. Bantuan yang didapat pun tak tanggung-tanggung, di antaranya seperti tempat pengolahan gula aren yang layak, wajan besar, alat cetakan gula, kompor gas, dan modal pembelian air nira/aren untuk pembuatan gula. “Jujur saya senang dapat bantuan sehingga dapat kembangkan usaha,” tandas Robert.

Sayangnya nasib berkata lain bagi warga di Arung Hijau, Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan. Meski telah lama dikenal sebagai produsen gula aren asli, kabarnya jumlah perajin gula aren di Arung Hijau kini tak seramai dulu karena harga jual gula aren hingga tahun 2017 ini terlalu murah. Di kawasan tersebut pemasaran gula aren kabarnya juga sulit. “Masing-masing dari kami sudah punya langganan. Bagi yang tidak punya langganan, tauke tidak mau mengambil. Kalau pun dia mengambil, harganya hanya bisa dibeli separuhnya,” kata salah satu perajin bernama Azhar.

Sebagai informasi, saat ini banyak distributor yang tak hanya memasarkan gula aren ke toko-toko, tapi juga memasarkannya secara di situs-situs yang ada di Indonesia. Harga gula aren per kilo cukup bervariasi, biasanya berkisar antara Rp 12.000 hingga Rp 30.000 per kg. Selain dicetak dalam bentuk batok atau panjang-panjang layaknya bambu, banyak juga yang menjual gula aren dalam bentuk serbuk agar lebih memudahkan konsumen saat hendak mengolahnya. Harga gula aren serbuk biasanya justru lebih mahal, per 200 gram bisa mencapai Rp 15.000.

Loading...