Harga per Kg Sedang Naik, Ikan Cakalang Bisa Dijual Hingga Rp 100 Ribu per Ekor

Ikan Cakalang - seruindonesia.comIkan Cakalang - seruindonesia.com

cakalang merupakan hasil yang cukup diminati oleh . Ikan cakalang kerap diolah menjadi berbagai olahan yang lezat di berbagai . Ikan cakalang atau yang kerap disebut ikan tongkol putih ini banyak difavoritkan oleh Sulawesi dan Maluku. ikan cakalang per kg biasanya sangat bergantung pada cuaca. Pasalnya cuaca sedang buruk tentunya akan mempengaruhi hasil tangkapan para nelayan dan ketersediaan cakalang di .

Berdasarkan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI per tanggal 24 Februari 2018, harga ikan cakalang rata-rata di tingkat eceran di wilayah Kabupaten Kubu Raya berkisar Rp 23.680 per kilogram, di Kabupaten Lombok Barat harga ikan cakalang Rp 45.000 per kg, di Kabupaten Majalengka Rp 30.000 per kg, dan di Kabupaten Muna ikan cakalang per 1 kilo dipatok Rp 26.000.

Sementara itu, di Kota Ambon harga ikan cakalang hingga pekan kedua Februari 2018 lalu masih cukup mahal, bisa dijual mencapai Rp 100 ribu per ekor. Di Mardika dan Batu Merah misalnya, harga ikan cakalang segar berkisar antara Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu per ekor, tergantung ukurannya.

“Ikan cakalang masih mahal, hanya saja penjualan selama ini tidak tergantung kiloan hanya ukuran ikan saja. Jadi tinggal memilih, sebab harga tergantung ukuran ikan kecil atau besarnya,” ungkap salah satu pedagang ikan segar bernama Rustam.

Tak hanya ikan cakalang, jenis ikan karang yang dijual di pasarannya juga dibeli dari penadah dengan harga mahal. Oleh sebab itu ketika dijual ke konsumen pun harga jualnya menjadi lebih mahal lagi. Salah satu pedagang bernama Ridwan mencontohkan, di penadah ikan momar dan kawalinya dibanderol dengan harga Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta per loyang.

“Jadi kita harus pandai berjualan eceran supaya tidak merugi. Kalau jenis ikan kerapu, baronang, bubara, kakap merah, dan jenis ikan karang lainnya harganya bervariasi Rp 30.000 hingga Rp 40.000 per ekor tergantung ukuran, juga naik hingga mencapai Rp 50.000 per ekor,” ucapnya.

Loading...