Harga Per Kg Mulai Rp 20 Ribuan, Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Dinilai Menguntungkan

Ikan Lele Sangkuriang - urbanina.comIkan Lele Sangkuriang - urbanina.com

Budidaya lele memang tergolong menguntungkan asal cerdas memilih varietas lele yang hendak dibudidayakan. Dibanding lele dumbo, lele sangkuriang kabarnya lebih menguntungkan untuk dibudidayakan karena masa panennya lebih cepat, hanya 2 bulan. Selain itu, lele sangkuriang pun memiliki daya tahan terhadap dan perubahan suhu yang lebih baik. lele sangkuriang per 1 kg juga cukup menjanjikan, berkisar antara Rp 20 ribuan hingga Rp 25 ribuan.

Beberapa orang yang membudidayakan ikan lele sangkuriang pun mengaku mendapatkan yang menggiurkan dari bisnisnya ini. Misalnya saja Jamil, penduduk Gosong Telaga Barat, Singkil Utara, Aceh Singkil yang pada pertama berhasil mengumpulkan uang sekitar Rp 2,2 juta. “Dua bulan sudah bisa dipanen. pertama sekitar 110 kilo kami ke rumah makan Rp 20 ribu per kilo,” ujar Jamil, seperti dilansir Tribunnews.

Selain masa panennya yang cepat, ikan lele sangkuriang juga memiliki kelebihan lain. Lele ini cocok sebagai lele karena memiliki rasa daging yang gurih dan enak. “Total penghasilan dari lele selama dua bulan Rp 15 juta. Dikurangi Rp 6 juta dan mati sekitar 20 persen, maka keuntungan bersih Rp 6 juta,” beber Jamil.

Uniknya, Jamil membudidayakan lele sangkuriang di pekarangan rumahnya. Ia mengaku mempelajari seluk-beluk budidaya lele secara otodidak dengan membaca informasi di internet. Supaya lele cepat besar, ia memberi pakan campuran pelet dan daun pepaya, kemudian juga rutin melakukan pergantian air dan memisahkan lele besar dengan kecil. “Lele ini kalau tidak dipisah yang besar makan yang kecil. Rajinlah memisahkan, maka tingkat kematian rendah. Kami upayakan yang mati di bawah 20 persen agar untung,” jelasnya.

Supaya hasil budidaya lele sangkuriang bagus, para pembudidaya harus mencari bibit yang bagus. Budidaya pun disarankan dilakukan saat musim kemarau. Sebab ketika memasuki musim penghujan biasanya hasil pembenihan tidak akan bagus. Saat hujan air kolam akan buruk karena tingkat keasamannya meningkat dan menyebabkan ikan-ikan lele yang dibudayakan menjadi cepat mati.

Loading...