Harga Per Kg Capai Ratusan Ribu Rupiah, Buah Zaitun Tetap Banyak Dicari

Harga Buah Zaitun

Siapa sangka jika budidaya tanaman zaitun dan tin bisa mendatangkan yang menjanjikan? Seperti diketahui, kedua jenis buah ini cukup langka di Indonesia. Tak heran jika harga jual buah zaitun maupun buah tin per kg bisa mencapai ratusan ribu . Meskipun relatif mahal, permintaan akan buah zaitun rupanya cukup tinggi.

Selama ini penggemar zaitun di Indonesia kerap menjadi tanaman zaitun sebagai ornamen atau penghias ruangan. Dengan berjualan bibit zaitun antara Rp 300-700 ribuan, sang pembudidaya rupanya bisa meraup omzet hingga puluhan juta rupiah. Zaitun (Olea europaea) sendiri adalah tanaman asli Timur Tengah dan Afrika Selatan yang dikenal mempunyai banyak manfaat untuk dan .

Tanaman zaitun biasanya dipanen setiap 3-6 bulan sekali. Sejumlah masyarakat pun kini sudah banyak yang membudidayakan tanaman zaitun di Indonesia. Salah satunya seperti warga di Perumahan Vila Gading Harapan 1, Babelan, Bekasi. “Beberapa warga menanam tanaman tersebut dan dijadikan mata pencaharian sampingan. Ide awalnya coba-coba, tapi lama kelamaan keterusan, dan sudah berjalan lima tahun,” ujar salah satu warga bernama Ratno, seperti dilansir Go Bekasi.

Tanaman yang cukup langka dan sulit dikembangkan ini ternyata berhasil tumbuh dengan subur di lahan milik warga seluas 500 meter persegi. Mereka biasanya memasarkan produk zaitun dan tin secara door to door maupun . “Untuk tanaman zaitun setinggi 60 sentimeter seharga Rp 350 ribu,” jelas Ratno.

Selain dijual dalam wujud bibit tanaman, zaitun biasanya juga dijual dalam kondisi buah yang masih segar. Ada pula yang menjual olahan buah zaitun seperti manisan zaitun, permen, zaitun kalengan, dan sebagainya. Buah zaitun terdiri dari 2 jenis, yakni buah zaitun hijau dan buah zaitun hitam. Harga jual buah zaitun per kg bisa sangat bervariasi, tergantung dari kualitasnya.

Untuk buah zaitun hijau maupun hitam yang masih segar dijual dengan harga sekitar Rp 250-350 ribuan per kilogram. Ada pula yang menjual buah zaitun segar per 250 gram seharga Rp 100 ribuan, kemudian buah zaitun kaleng merk Olicoop isi 1 kg seharga Rp 95 ribu, dan buah zaitun hitam merek Figaro ukuran 650 gram seharga Rp 45 ribu.

Loading...