Harga Per Galon Mulai Rp 5 Ribuan, Air RO Diklaim Lebih Higienis

Air RO - www.cardiff.ac.ukAir RO - www.cardiff.ac.uk

minum termasuk pokok yang peminatnya tak pernah berkurang. Oleh sebab itu air minum isi ulang saat ini terus bermunculan di berbagai . Air minum yang diperjual-belikan biasanya bermacam-macam, ada air minum biasa, air minum dalam kemasan, hingga air reverse osmosis (RO). Harga air RO per galon sendiri ditawarkan bervariasi, namun biasanya tidak lebih mahal dibandingkan air minum isi ulang dari merek-merek yang sudah terkenal seperti Aqua, Cleo, Club, Oxy, atau sebagainya.

Harga air RO per galon biasanya antara Rp 5 ribuan hingga Rp 10 ribuan. Harga air RO biasanya lebih mahal dibandingkan air minum biasa karena air RO telah melalui 3 kali penyaringan yang membuat tingkat kehigienisannya lebih terjamin. “Karena prosesnya beda, harganya juga beda. Walaupun harga air RO lebih mahal, tapi pembelinya lebih banyak,” kata Firdaus, salah satu pemilik depot air minum isi ulang di Banda Aceh, seperti dilansir Tribunnews.

Firdaus juga menjelaskan bahwa secara umum perkembangan bisnis air minum menurutnya cukup stabil, tidak ada kenaikan atau penurunan yang terlalu signifikan dari tahun ke tahun. “Air minum merupakan kebutuhan sehari-hari yang selalu diperlukan dan harus selalu ada di . Lagi pula, yang beli di sini biasanya sudah langganan, jadi setiap hari kami bisa menjual rata-rata 50 galon/hari,” papar Firdaus.

Di sejumlah kota besar juga sudah banyak yang menawarkan kemitraan atau franchise air RO dengan modal yang relatif terjangkau, misalnya seperti FukuRo. Dengan paket kemitraan Rp 15 juta dan Rp 100 juta, Fukuro menawarkan paket kemitraan berisi satu peralatan isi ulang beserta lemari, tandan air, dan pelatihan karyawan. Sementara itu untuk lokasi usaha disarankan menggunakan tempat sendiri. “Dengan begitu, margin labanya bisa mencapai 80%. Jadi di luar biaya pengeluaran, mitra akan dapat keuntungan penuh,” kata Adityo Setiawan, sang pemilik bisnis air FukuRo, seperti dilansir Kontan.

Omzet yang didapatkan dari usaha air RO ini pun tergantung dari penjualan setiap hari. Dengan minimal menjual 30 galon dan maksimal 260 galon seharga Rp 6.000 per galon, omzet yang didapat bisa mencapai Rp 5,4 juta hingga Rp 46,8 juta. Pada bulan kedua dan seterusnya penjualan bisa meningkat jadi 80-100 galon per hari. “Dengan pola ini balik modal bisa terjadi di bulan kelima,” ucapnya.

Loading...