Harga Per 1 Kilo Rp 100 Ribuan, Daging Kambing Diprediksi Jadi Makanan Booming Tahun Ini

Daging Kambing - jogja.tribunnews.comDaging Kambing - jogja.tribunnews.com

Di Indonesia daging ayam, sapi, dan termasuk daging yang cukup untuk disantap dalam wujud berbagai . Menurut sejumlah ahli kuliner, rupanya daging diprediksi bakal menjadi salah satu yang bakal booming di tahun 2019 ini.

Selain di Indonesia, di beberapa negara lain seperti Karibia dan Afrika, daging kambing seolah telah menjadi santapan harian. Sejak berabad-abad yang lalu, daging satu ini sudah banyak dijadikan hidangan yang lezat. Namun kini diperkirakan akan semakin banyak orang dari sejumlah negara yang bakal merasakan kelezatan daging kambing.

“Majalah BBC Good Food menunjuk daging kambing sebagai tren kuliner yang akan booming di tahun 2019. Beberapa olahan daging telah membuat berbagai olahan daging kambing mulai sosis, bakso hingga makanan siap saji,” demikian seperti dilansir Metro melalui Detik.

Menurut para ahli, daging kambing termasuk pilihan daging yang baik untuk dimakan. Kambing dinilai lebih etis untuk disantap lantaran hewan tak terlalu optimal dalam menghasilkan susu layaknya seekor sapi. Lantaran tak sepopuler daging sapi, banyak orang yang berharap daging kambing bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang siap untuk diolah serta lebih banyak dijual di supermarket.

Daging kambing muda misalnya, mempunyai tekstur yang empuk dan lembut, mirip seperti daging domba. Sementara itu, daging kambing yang agak tua mempunyai tekstur yang agak keras dan alot. Beberapa bagian daging kambing juga terkesan lebih berlemak. Tapi ternyata hal ini justru membuat hidangan menjadi lebih kaya rasa. Daging kambing pun dapat diolah menjadi aneka masakan dengan padu padan bumbu dan saus.

Selain dagingnya, keju dan susu kambing juga kabarnya mengalami kenaikan penjualan sejak 5 tahun belakangan. Di beberapa negara lain banyak orang penasaran kemudian tertarik untuk mencoba mengolah dan mencicipi kelezatan daging kambing.

Di Indonesia, daging kambing cukup banyak dijual di -pasar maupun supermarket besar. Menurut data dari Info Pangan Jakarta, harga daging kambing 1 kilo terendah saat ini berkisar Rp 100 ribu di Pasar Tebet Barat, sedangkan harga tertinggi ada di Pasar Anyer Bahari yang dibanderol Rp 130 ribu per 1 kilogram (kg).

Loading...