Berfungsi Meratakan Lantai, Berapa Harga Pekerjaan Screeding Lantai per M2?

Proses Screeding Lantai - www.99.co

Saat hendak membangun lantai di sebuah bangunan, screeding menjadi salah satu penting yang harus dilakukan. Screed sendiri merupakan lapisan atas yang halus di suatu lantai beton atau permukaan lainnya. atau pekerjaan screeding lantai dipatok beragam, berkisar antara Rp18 ribu hingga Rp22.500 per m2 (meter persegi).

“Screed menjadi bagian yang penting dalam pengerjaan sebuah lantai. Hal tersebut berpengaruh pada hasil tampilan akhir yang tepat dan baik. Mengapa tahap screeding dianggap penting dalam sebuah pekerjaan bangunan atau , karena sebuah lantai atau dinding memerlukan perataan yang tepat,” kata salah satu produsen mortar.

Ketebalan screed lantai biasanya sekitar 50 mm hingga 100 mm. Selain untuk meratakan permukaan lantai, screeding pun dapat bermanfaat untuk menambah ketinggian lantai, dan berfungsi sebagai lantai kerja sebelum pemasangan .

Screeding atau pelapis lantai ini terdiri dari berbagai jenis, mulai dari screed polimer yang terbuat dari campuran semen, pasir, dan polimer sintetik. Screed jenis ini kerap digunakan di pabrik-pabrik yang membutuhkan alas kuat dan keras. Berikutnya ada jenis screed lantai beton yang membutuhkan waktu sekitar 28 hari untuk dapat mengering sempurna dan siap untuk digunakan.

Jenis screed lain yang umum digunakan adalah screed epoxy. Screed epoxy kabarnya menawarkan hasil permukaan lantai yang licin dan mengilap. Selain dapat digunakan di pabrik, screed epoxy pun bisa diaplikasikan untuk lantai rumah. Kelebihan jenis screed epoxy adalah tahan lama, memiliki yang kuat, pemasangan cepat, menambah keindahan rumah, serta tahan terhadap reaksi bahan .

Berikutnya ada jenis screed anhidrit yang kerap digunakan di bangunan komersial, seperti bandara, hotel, mall, dan sebagainya. Selain mudah diaplikasikan, screed anhidrit pun bisa mempercantik tampilan bangunan. Sayangnya, jenis screeding ini kurang cocok diterapkan pada lembap atau yang sering terkena air, misalnya kamar mandi.

Terakhir, ada jenis screed campuran yang terbuat dari kombinasi material seperti aditif, semen, filler, dan pasir silika. Pelapis lantai jenis ini dapat digunakan untuk meratakan lantai atau menambah ketinggian lantai sebelum pemasangan keramik.

Loading...