Penting untuk Konstruksi Bangunan, Segini Harga Pasir Pasang per M3

Pasir Pasang Cilegon - www.depopasir.com

JAKARTA – Dalam mendirikan sebuah , entah itu , gedung perkantoran, atau hotel, salah satu utama yang dibutuhkan adalah . Nah, untuk kebutuhan campuran utama dalam pondasi bangunan, biasanya dipakai pasang, yang punya tekstur halus dan butiran kecil. Dijual per m3, pasir pasang ini berkisar ratusan ribu hingga jutaan , tergantung kapasitas.

“Pasir pasang merupakan salah satu pasir dengan tekstur yang halus dan butirannya yang kecil,” tulis Rumah.com. “Pasir pasang sendiri biasanya dicampur dengan pasir beton dan dimanfaatkan sebagai campuran utama dalam sebuah pondasi bangunan. Campuran antara pasir pasang dan beton akan membuat pondasi bangunan menjadi lebih kuat dan bisa dipakai juga menjadi plester dinding dengan tekstur yang halus.”

Masih dari referensi yang sama, setidaknya ada dua jenis pasir pasang yang sering digunakan. Pertama adalah pasir pasang gunung, yang diperoleh dari hasil galian pada dataran tinggi atau pegunungan, memiliki butiran kasar dan tidak terlalu keras. Jenis kedua adalah pasir pasang sungai, yang didapatkan dari sungai dan merupakan hasil pengikisan batuan keras dan tajam oleh aliran air secara terus-menerus.

Tidak sulit mendapatkan pasir pasang karena Anda bisa membeli material ini di berbagai toko bahan bangunan, bahkan bisa melalui situs jual beli online. Untuk ukuran satu bak pick up, sekitar 1 m3, harganya sekitar Rp285 ribuan. Namun, jika Anda membeli dalam jumlah banyak sekaligus, harganya bisa lebih murah. Satu bak truk pasir pasang, sekitar 6 m3, dijual dengan harga Rp700 ribuan. Ada juga yang menawarkan pasir pasang Cimalaka kapasitas 7 m3 dengan harga Rp1,35 jutaan.

“Tidak semua pasir mempunyai yang sama dan Anda harus terlebih dahulu memeriksa pasir yang akan Anda pakai untuk bangunan,” terang Rumah.com. “ pengetesan bisa dilakukan dengan cara melihat kandungan tanah liat pasir, mencampurnya dengan larutan sodium hydroxide, atau memeriksa kandungan garam di dalam pasir.”

Loading...