Harga Ekonomis & Lebih Ringan, Papan Gypsum Juga Diaplikasikan untuk Dinding

Papan Gypsum untuk DindingPapan Gypsum untuk Dinding - artikel.rumah123.com

gypsum atau gypsum board sudah cukup umum digunakan untuk berbagai keperluan , misalnya saja untuk pembatas atau bahkan pelapis bata. Selain itu, papan gypsum juga sebelumnya kerap dipakai sebagai plafon atap . Karakteristiknya yang mudah dibentuk dan dipasang, serta ringan membuat banyak orang tertarik untuk mengaplikasikan papan gypsum sebagai dinding hunian mereka. Terlebih karena papan gypsum juga relatif ekonomis.

Seperti dilansir Lamudi, menurut R. Krisma Hadianto, Strategy & Product Manager PT Petrojaya Boral Plasterboard ( papan gypsum), memakai papan gypsum untuk membuat partisi interior rumah rupanya menawarkan lebih banyak kelebihan dibanding dinding beton. “Jika dibandingkan dengan dinding beton, bobot papan gypsum jauh lebih ringan, hal ini justru menjadi keunggulan dari penggunaan papan gypsum. Karena akan membuat penghuni rumah menjadi aman, terutama ketika terjadi gempa,” kata Krisma.

Selain itu, kelebihan lainnya dari papan gypsum adalah dalam segi pemasangan. Pemasangan ini rupanya mudah, cukup menyiapkan rangka dinding dan papan gypsum dapat langsung ditempel dan pengerjaannya juga relatif cepat. Perbaikannya juga mudah. Bila sebuah papan mengalami kerusakan seperti berlubang atau lecet, maka bagian yang rusak cukup didempul atau dipotong dan ditempel lagi dengan papan yang baru.

Yang jauh lebih menarik, bahan papan gypsum juga disebut-sebut lebih tahan terhadap api. Apalagi karena saat ini sudah banyak produsen papan gypsum yang menawarkan merek-merek dengan , , dan harga bersaing. Ada merek papan gypsum yang sifatnya water resistant atau tahan air, hingga yang sifatnya soundproof atau kedap suara, sehingga cocok digunakan untuk ruang karaoke, studio musik, atau bahkan kamar tidur.

Adapun harga papan gypsum untuk dinding merek Jayaboard soundstop tebal 12 mm ukuran 2,4 x 1,2 meter dibanderol Rp135 ribuan per lembar, gypsum Elephant Board 12 mm Rp71 ribu, gypsum Knauf 9 mm Rp52 ribu dan 12mm dihargai Rp80 ribu per lembar. Setiap merek biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan harga yang berlaku di tiap tempat bisa berbeda-beda.

Loading...