Memiliki Nilai Jual Tinggi, Segini Harga Pala Bubuk Sachet di Pasaran Indonesia

Ilustrasi : Pala bubuk - kompas.com

Pala adalah salah satu kekayaan rempah yang dimiliki dan terkenal sejak dahulu kala. Pala atau yang dalam Bahasa Inggris disebut “nutmegs” ini merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari Kepulauan Banda, Maluku. Pala termasuk rempah-rempah yang mempunyai nilai jual tinggi di berbagai . Di sendiri pala banyak dijual dalam kemasan sachet atau botol dengan relatif terjangkau.

Sebagai contoh, harga pala bubuk sachet Cap Pohon Mangga dijual Rp1.000 per bungkus, kemudian ada juga pala bubuk nutmeg Dapur Kita seharga Rp31 ribu isi 6 renteng @12 sachet, Daisy’s Pala Bubuk sachet 3,5 gr harganya Rp500, pala bubuk Sahangko isi 12 Rp5.000, pala bubuk Cap Ayam Sejak Hari Ini 1 renceng isi 10 sachet Rp10.000, dan masih banyak lagi merk lainnya.

Pala bisa digunakan untuk berbagai kuliner manis dan asin. Di Amerika Serikat salah satu penggunaan pala yang paling umum adalah pada makanan penutup seperti pai apel atau pai labu. Selain itu, pala juga banyak dipakai dalam banyak minuman seperti eggnog, chai, anggur berempah, atau garnish di atas minuman kopi dengan busa di atasnya.

Pala umumnya cocok dikombinasikan dengan makanan berkrim dan berkeju. Pala kerap pula ditambahkan dalam saus alfredo dan béchamel agar menciptakan kedalaman . pedas yang dihasilkan pala bisa memberi kontras yang menarik pada krim dari keju. “Pala juga bisa digunakan sebagai perasa pada daging dan seringkali jadi salah satu dalam sajian yang menggunakan campuran rempah lainnya seperti garam masala atau kari,” demikian seperti dilansir dari Kompas.

Sedangkan di Indonesia, selain biji pala rupanya buah pala juga banyak dimanfaatkan untuk diolah menjadi manisan basah dan manisan kering. Kemudian buah pala juga sering diolah jadi jeli, sirup, dodol, selai, sari buah, dan sebagainya. Tak hanya untuk kuliner, pala dikenal bermanfaat sebagai -obatan . Jika digunakan dalam dosis rendah, pala bermanfaat untuk mengurangi perut kembung, meningkatkan daya cerna dan selera makan, mengatasi diare, muntah, hingga mual.

Loading...