Pilih yang Mudah Dicerna, Harga Pakan Ikan Cupang Mulai Ribuan Rupiah

Harga Pakan Ikan Cupang - review.bukalapak.comHarga Pakan Ikan Cupang - review.bukalapak.com

Cupang belakangan ini menjadi tawar yang populer dipelihara oleh masyarakat. Selain karena memiliki tampilan yang indah, ini pun perawatannya terbilang mudah. Selain menyediakan aquarium yang ukurannya cukup, atau pakan cupang juga perlu diperhatikan. pakan cupang umumnya relatif murah, tergantung dari jenisnya.

Untuk pemula sebenarnya bisa memilih ikan cupang apapun, sesuai dengan anggaran yang dipunya. Menurut peternak cupang asal Bekasi, Eko Supriyadi, cupang Nemo atau Koi memiliki harga yang masih terjangkau dan berpeluang tinggi menghasilkan keturunan yang dapat bermutasi dengan bagus. “Jadi sebenarnya untuk pemula bisa main apa saja, tergantung budget. Selain itu tergantung orientasi, mau cuma buat saja atau buat ,” kata Eko, seperti dilansir Kompas

Cara merawat ikan cupang juga perlu diperhatikan. Eko menjelaskan, ikan cupang memang bisa bertahan hidup di air yang minim oksigen atau tanpa memakai aerator (filter air). Akan tetapi, pastikan pengaturan airnya tepat. Apabila memakai air PAM, pastikan air telah diendapkan dulu selama 24 jam. 

Sedangkan bagi yang memakai air sumur, dapat langsung meletakkan ikan cupang di dalamnya. Namun, jangan lupa untuk menambahkan garam ikan dan daun ketapang. “Kesalahan umum pemula adalah di settingan air. Ikan cupang memang mudah dipelihara, tapi agak manja soal air,” papar Eko.

Kemudian untuk urusan pakan yang terbaik untuk ikan cupang antara lain jentik nyamuk, kutu air, dan cacing sutra. Eko memaparkan, jentik nyamuk dan kutu air adalah makanan terbaik karena kaya akan protein yang dibutuhkan ikan cupang. Selain itu, ukurannya juga kecil sehingga memudahkan cupang untuk mencerna makanannya.

Tetapi, bila penghobi ingin mengejar cupang dengan tertentu, maka bisa memberikan pakan berupa cacing sutra yang tinggi lemak. Namun ingat, jangan terlalu banyak memberi cacing sutra supaya cupang tak terkena penyakit. “Jangan terlalu banyak karena ikan bisa terkena sisik nanas,” jelasnya.

Adapun harga pakan ikan cupang berupa kutu air Moina Sp merah berat 300 gram dengan harga Rp10 ribuan saja per bungkus. Kemudian untuk jentik nyamuk (encu) seberat 300 gr harganya Rp7.000 per bungkus. Cacing sutra hidup merah 100 gram harganya Rp10.000. Sedangkan pelet MeM Prime 300-500 micron 50gr harganya Rp12 ribu.

Loading...